PU Suaranahdliyin.com Ajak Kader Muda NU Semangat Menulis

0
382
PU suaranahdliyin.com Moh. Qomarul Adib mengisi pelatihan Jurnalistik GP Ansor Pasuruhan Kidul.

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Departemen Media GP. Ansor Pasuruhan Kidul, Jati, Kudus mengadakan pelatihan jurnalistik bertema penulisan dan penerbitan berita di Gedung Serbaguna desa setempat, Sabtu malam (14/10/2023). Sebagai nara dumber menghadirkan Pemimpin Umum (PU) suaranahdliyyin.com Moh. Qomarul Adib.

Di depan puluhan peserta, Qomarul Adib mengajak untuk selalu menulis dan mendokumentasikan setiap kegiatan yang diadakan organisai atau peristiwa yang terjadi.

“Dengan mendokumentasikan dan menulis setiap acara yang ada,akan menambah syiar NU dan membawa dampak positif bagi organisasi ataupun pembaca, “ujarnya.x

Ia menerangkan menulis berita harus berdasarkan fakta bukan asal karangan. Tentu saja dengan menggunakan bahasa yang baik dan ejaan yang disempunakan (EYD).

“Menulis juga perlu memerhatikan 5W+1H dengan mendatangi lokasi yang terjadi,”imbuhnya.

“Pilihlah angle (sudut pandang) dalam menulis sehingga bisa menarik pembaca”sambung Qomar.

Peserta pelatihan antusias menyimak pemaparan nara sumber

Ketua Pimpinan Ranting GP Ansor Pasuruhan Kidul Adriyanto menjelaskan latar belakang dari pelatihan ini untuk menyemangati tim media dan seluruh peserta untuk giat dalam menulis dan membaca situasi.

“Membaca dan menulis merupakan perintah Al-Qur’an ayat pertama surat Al-Alaq adalah Iqra’. ini bsa sebagai ladang penyebaran kebaikan seperti kisah Nabi Muhammad SAW dalam menerima wahyu” ujarnya.

Pelatihan diikuiti kader muda NU dari unsur IPNU, IPPNU, jamiyah tadarusan, Karang Taruna, Panitia Pemungutan Suara (PPS), PPK dan Panwaslu desa atau kecamatan, Usai pelatihan dilanjutkan sosialisasi pemilu dari PPK dan Panwaslu Jati. (Khairul Hidayat/gie)

Comments