Pj Bupati Jepara Ingin Festival Oncor Tetap Dilestarikan

0
408
Pj Bupati Jepara membuka Festival Oncor Kalinyamatan

JEPARA, Suaranahdliyin.com – Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta meminta kepada masyarakat Desa Bandungrejo, KecamatanKalinyamatan Jepara agar tetap melestarikan festival oncor.

Pesan tersebut disampaikannya pada saat sambutan sekaligus membuka kegiatan Festival Oncor Kalinyamatan (FOKA) dalam rangka menyambut malam Idul Adha 1444 H, Rabu (28/06/2023) malam.

“Saya bangga dan memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada warga Bandungrejo yajg telah melestarikan budaya lokal di Jepara,” ucap Edy sebelum prosesi pemotongan pita.

Dalam kesempatan yang sama itu, Edy mengungkapkan bahwa Kabupaten Jepara mempunyai banyak budaya lokal. Budaya lokal yang tentu perlu dijaga dan dilestarikan. Salah satunya festival oncor yang sudah berlangsung selama 30 tahun.

Terlebih, tahun ini gelaran festival oncor mengangkat tema budaya lokal dengan nuansa Islam. Oleh karena itu, pihaknya meminta agar budaya dan tradisi ini tetap dipertahankan.

“Festival oncor ini diharapkan bisa jadi penerang untuk masyarakat Jepara, supaya lebih berkah dan lebih aman nantinya,” harap Edy diikuti sorak amin dari seluruh warga.

Festival Oncor Kalinyamatan, Kamis malam

Senada dengan hal itu, Petinggi Desa Bandungrejo, Suratmin berharap agar tradisi festival oncor ini semakin diminati anak muda. Pasalnya, budaya lokal semakin jarang diminati, dan anak muda lebih tertarik pada arus perkembangan zaman.

“Kami menaruh harapan besar adanya pelestarian tradisi lokal ini. Tradisi ini harus dilestarikan dan dijaga sampai kapanpun,” ungkapnya.(simsim/adb) 

Comments