Pesan KH. Hasan Fauzi kepada ISMUQ

0
2517
KH. M. Arifin Fanani dan KH. Hasan Fauzi hadir di tengah-tengah temu alumni dan halalbihalal santri MUS-YQ.

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Ikatan Santri Ma’hadul Ulumisy Syar’iyyah Yanbu’ul Qur’an (ISMUQ), Kwanaran, Kudus menyelenggarakan temu alumni dan halalbihalal di Aula Ma’hadul Ulumisy Syar’iyyah Yanbu’ul Qur’an (MUS-YQ), Selasa (19/6/2018).

Temu alumni dan halalbihalal ini dihadiri pengasuh pondok, KH. Muhammad Arifin Fanani dan KH. Hasan Fauzi. Sedang alumni yang datang tidak hanya yang  berdomisili di Kudus. Banyak para alumni dari berbagai daerah juga mementingkan untuk hadir, antara lain dari Jakarta, Bekasi, Tangerang, Surabaya, dan Madura.

Pada kesempatan itu, KH. Hasan Fauzi dalam tausiyahnya mengingatkan tentang empat tipe manusia. Pertama, manusia (orang) yang berilmu dan mengetahui kalau dia punya Ilmu dan mau menjalankan sesuatu sesuai dengan ilmunya. ‘’Tetapi susah menjadi yang seperti ini,’’ katanya.

Kedua, orang yang berilmu tetapi tidak tahu kalau dia punya ilmu. Ini adalah orang yang lupa. Ketiga, orang yang tidak berilmu dan tahu kalau dia tidak berilmu. ‘’Tipe orang seperti ini harus ditunjukkan ke jalan yang benar,’’ ungkapnya. ‘’Keempat, orang yang tidak berilmu dan tidak tahu kalau dia tidak berilmu,’’ terangnya.

Selain itu, KH. Hasan Fauzi juga berpesan agar para santri dan alumni Pondok Pesantren MUS-YQ bisa istiqamah dalam menjalankan segala kebaikan. ‘’Karomah para wali itu muncul, karena bisa istiqamah,’’ ujarnya. (har/ ros)

 

Comments