HUMOR Gus Dur
Ketika Rhoma Irama Konsultasi Kepada Gus Dur

0
1319
H. Rhoma Irama podcast dengan putri Gus Dur Ning Inayah Wahid di akun Youtube Rhoma Irama Official, dua hari lalu.

Pada masa hayatnya, Presiden keempat RI KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) termasuk sosok yang sangat dekat dengan berbagai kalangan. Mulai dari orang biasa hingga tokoh termasuk kiai, politisi, aktivis pergerakan dan artis.

Di antara para artis, tidak sedikit yang datang menemui Gus Dur. Mereka ada yang sekedar sowan, ada juga datang untuk curhat ataupun konsultasi. Seperti halnya yang dilakukan Raja dangdut sekaligus juru dakwah Haji Rhoma Irama.

Saat mengawali podcast bersama Ning Inayah Wahid (Putri Gus Dur) di akun Youtubenya, Bang Haji Rhoma menceritakan kisahnya waktu konsultasi kepada cucu pendiri NU tersebut.

Menurut penuturannya, Bang Haji–sapaan akrab Rhoma Irama– mau dijadikan anggota DPR RI oleh salah satu partai politik. Sebelum menentukan sikapnya, Bang Haji menemui Gus Dur di kantor PBNU untuk meminta saran.

“Gus, saya mau dijadikan anggota DPR, bagaimana menurut antum Gus?,”tanya Bang Haji kepada Gus Dur.

“Sampeyan itu ulama, anggota DPR itu umara. Gak ada ulama sukses menjadi umara. Ulama ya ulama, umara ya umara”ujar Gus Dur.

“Kalau kedua-duanya bisa sukses, anda termasuk makhluk (orang) langka. Karena makhluk langka maka sampeyan harus dikasih air keras,”sambung Gus Dur.

Geeerrrrrr, semua penonton di studio terdengar tertawa termasuk Ning Inayah Wahid. Bang Haji pun ikut tertawa mengenang kisah lucunya tadi.

“Pada waktu beliau lengser dari presiden keempat, saya ‘membalas’ dengan mengulang ucapan candaannya Gus Dur itu,”lanjut Bang Haji yang mengaku sangat akrab dengan suami nyai Shita Nuriyah Wahid ini.

Lagi- lagi ketawa penonton di studio kembali pecah.(Qomarul Adib)

Comments