Forsikabanu, Lebarkan Sayap hingga Kota-kota Besar

0
433
Kegiatan Forsikabanu peresmian bimbingan belajar oleh Ketua BPPMNU Banat KH Ma’shum Ak

KUDUS,Suaranahdliyin.com – Guna menjaga ikatan alumni madrasah tetap terjalin baik,organisasi menjadi  upaya strategis.  Bukan hanya mewadahi mereka , organisasi alumni mampu berperan membesarkan dan memajukan madrasah – sekolah.

Kesadaran inilah yang belakangan dikembangkan sejumlah madrasah dan sekolah besar di Kudus Jawa Tengah. Madrasah Banat NU Kudus misalnya, alumnus madrasah ini sangat giat mendeklarasikan wadah alumni bernama Forum Silaturrahim ikatan alumni Banat NU Kudus (Forsikabanu) di beberapa daerah.

Menurut ketua Pengurus Pusat Forsikabanu Siti Nafisatun, organisasi ini berdiri tahun 1984 bernama Ikatan alumni Banat NU (Ikabanu),  kemudian beralih nama Forsikabanu tahun 2009. Pada tahun 2017, Forsikabanu telah membentuk kepengurusan wilayah di sembilan kecamatan di Kudus dan kota-kota besar yakni Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi (Jabotabek), Yogyakarta, Jatim, Demak dan kab jepara.

“Forsikabanu wilayah atau daerah ini sebagai tangan panjang pengurus pusat untuk mempermudah sosialisasi program sampai akar rumput para anggota alumni,”ujarnya kepada suaranahdliyin.com, belum lama ini.

Ketua Pengurus Pusat Forsikabanu Siti Nafisatun

Keberadaan Forsikabanu, lanjut mantan ketua PC IPPNU Kudus ini, bertujuan meningkatkan konsolidasi dan koordinasi alumni lintas angkatan semua wilayah. Disamping itu, forsikabanu mempermudah pendataan dan mempererat silaturrahim serta ukhuwah alumni.

“Hingga sekarang jumlah alumni yang sudah terdata mencapai 7.500,”terang Nafis.

Nafis menambahkan Forsikabanu memiliki banyak program yang fokus pada bidang pendidikan, penelitian dan pengembangan serta bantuan hukum, Pemberdayaan ekonomi, dakwah/pengabdian masyarakat dan sosial.  Forsikabanu juga telah mempunyai tempat sekretariat di Jl. KHR Asnawi no 6 Kudus.

“Kami  setiap enam bulan sekali mengadakan turba ke pengurus wilayah. Kemasan acaranya do’a Rosul, manaqiban, Tahlilan, khotmil Qur’an dan tukar informasi ,”tuturnya.

Adanya Forsikabanu, guru MANU Banat ini mengharapkan silaturrahim antar alumni akan semakin erat sehingga tercipta hubungan ukhuwah terutama ukhuwah banatiyah.

“Semoga kegiatan Forsikabanu bisa bermanfaat bagi semua elemenn masyarakat, alumni dan madrasah Banat,”harap Nafis. (adb)

Comments