Yayasan Irhamnyy Robby Jepara Launching Pesantren Tahfidz Difabel

0
686
Pemotongan tumpeng menandai launching Pesanntren Tahfidz difabel Yayasan Irhamnyy Jepara

JEPARA,Suaranahdliyin.com  – Yayasan Irhamnyy Robby Jepara melangsungkan launching pesantren tahfidz difabel di Desa Ngabul RT 04 RW 03 Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara, Selasa (27/12/2022). Launching pesantren yang baru pertama kali ada di Jepara ini ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Kiai Mukari, tokoh agama setempat.

Ketua Yayasan Irhamnyyy Achmad Badaruddin Latif menyatakan pesantren tahfidz ini diperuntukkan bagi kaum difabel putri khusus tuna rungu dan tuna wicara. Tujuannya, untuk membantu para penyandang disabilitas yang berada di Kabupaten Jepara agar dapat memahami dan belajar ilmu agama (fiqih, akidah, tauhid) dan al-Qur’an.

“Hal ini juga bentuk langkah kami untuk menjadikan Kota Jepara ramah terhadap difabel,”

Ahmad Badaruddin menyatakan para santri yang dititipkan di pesantren tidak boleh dijenguk selama 41 hari. Untuk tahap awal jumlah santri putri yang diterima berjumlah 6 orang.

“Selama di pesantren para santri dibekali dengan ilmu keagamaan dan ilmu pengembangan skill,” lanjutnya.

Selain itu, para santri dikenalkan dengan lingkungan sekitar dan kebudayaan pesantren seperti menjaga kebersihan, menjaga wudlu, dan juga dibiasakan dengan membalik sandal setelah dipakai.

“Dan pesantren ini juga berbasis vokasi yang nantinya diharapkan bisa mengetahui potensi skill santri untuk didampingi dan dikembangkan agar nantinya bisa menjadi pegangan hidupnya,”terangnya.

Dalam acara itu, hadir juga Camat Tahunan, Petinggi Desa Ngabul, Badan otonom NU se Kecamatan Tahunan, Badan otonom NU se Desa Ngabul, PC IKA PMII, Babinkamtipmas, tokoh masyarakat, dan masyarakat sekitar.(mu/ros)

Comments