Wamenag RI Apresiasi Peran Pergunu Kampanyekan Moderasi Beragama di Kalangan Pelajar

0
748
Wamenag RI menyampaikan sambutan dalam rangkaian peringatan Harlah ke-97 NU di PWNU Jawa Tengah, sore hari ini.

SEMARANG, Suaranahdliyin.com – Wakil Menteri Agama RI, Zainut Tauhid mengucapkan terima kasih kepada Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) atas kiprahnya mengkampanyekan moderasi beragama, khususnya di kalangan pelajar.

Hal itu disampaikan oleh Zainut pada acara Seminar Nasional dalam rangka Harlah ke-97 NU di PWNU Jawa Tengah, Jl. Dr. Cipto, Semarang, Senin (02/03/2020).

“Secara khusus saya berterima kasih kepada Pergunu karena sudah bergerak dalam upaya mengkampanyekan moderasi beragama melalui lembaga pendidikan masing-masing,” ujar Zainut Tauhid.

Tidak hanya lembaga pendidikan yang berafiliasi ke NU saja, tetapi juga lembaga pendidikan negeri melalui guru-guru PAI yang menjadi anggota Pergunu. Menurutnya hal itu sangat penting mengingat beberapa penelitian menunjukkan hampir 16% pelajar di sekolah negeri setuju mengganti dasar negara dengan khilafah dan siap berjihad.

“Penyebaran paham seperti itu banyak melalui internet sehingga guru-guru mau tidak mau harus mengikuti perkembangan teknologi informasi,” jelas Zainut.

Ia kemudian memaparkan dunia remaja atau generasi milenial perlu dikenalkan tentang moderasi beragama melalui media yang sesuai dengan minatnya. Seperti internet, media sosial, teknologi dan sebagainya.

“Guru-guru kita harus respons teknologi informasi agar anak-anak kita aman dari gemparan ideologi yang membahayakan di medsos,” imbuh dia.

Hadir pada kesempatan itu, Rais Syuriyah PWNU Jateng KH. Ubaidullah Shodaqoh, Ketua PWNU Jateng Drs. H. Mohammad Muzammil, Staf Ahli Mendagri Bidang Hukum dan Kesatuan Bangsa Didik Suprayitno, Kepala Kanwil Kemenag RI Akhyar dan tokoh-tokoh lainnya. (rid, gie, adb/ros)

Comments