Ibda Raih Juara II Lomba Esai Nasional

0
220
Zoom meeting sekaligus pengumuman pemenang lomba esai

TEMANGGUNG, Suaranahdliyin.com – Melalui esai bertajuk “Memutus Mata Rantai Stres Akademik”, dosen Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (Prodi PGMI) STAINU Temanggung, Hamidulloh Ibda, berhasil menjadi Juara II dalam Lomba Esai Populer Tingkat Nasional 2021.

Lomba ini digelar oleh Prodi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (Prodi BKPI) dengan Prodi Tadris IPA Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim, Riau, yang diumumkan via Zoom Meeting dan Youtube pada Kamis (6/5/2021).

Hamidulloh Ibda, dalam esainya memotret fenomena stres akademik akibat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) berkepanjangan selama masa pandemi covid-19. Dia menegaskan, bahwa tidak hanya diri sendiri, namun ia yakin hampir semua pendidik mengalami stres akademik berkepanjangan.

“Saya kira tidak hanya saya yang mengalami stres akademik. Akan tetapi para dosen di perguruan tinggi lain juga demikian. Bisa dibayangkan, mahasiswa dalam satu semester mengambil 22-24 SKS mata kuliah. Jika 1 SKS atau 1 jam KBM dilakukan secara daring selama 50 menit, maka dalam sepekan mahasiswa melakukan PJJ selama 18-20 jam,” tuturnya.

Padahal, situasi itu sudah berjalan lebih dari setahun. “Belajar dengan moda PTM saja tidak semuanya paham materi perkuliahan, dan masih ada fenomena stres akademik. Lalu, bagaimana jika PJJ seratus persen dalam waktu 18-20 jam?” ujarnya yang kemudian terinspirasi menulis sebuah karya untuk memberikan solusi atas fenomena stres akademik itu.

Sementara itu, dalam lomba yang mendaulat Dr H Muhammad Syaifuddin Mag (Dekan FTK UIN Suska Riau), Susilawati MPd (Ketua Prodi TIPA) dan Dr Amirah Diniaty MPd Kons (Ketua Prodi BKPI) sebagai dewan juri ini, juara I diraih oleh Afdhal Kusumanegara (dosen UIN Sultan Syarif Kasim Riau) dan juara III diraih Sumarni (guru SMPN 45 Pekanbaru). (rls/ ros, rid, adb)

Comments