Silakan Unduh, Jadwal Imsakiyah NU Lengkap untuk Wilayah Indonesia

0
417

JAKARTA, Suaranahdliyin.com – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melalui media yang dinaunginya, NU Online, merilis jadwal imsakiyah untuk berbagai daerah di Indonesia. Jadwal tersebut bisa diunduh siapa saja dan di mana saja via NU Online Super App, aplikasi ibadah dan belajar Islam yang terdiri dari beragam fitur keislaman.

Data hasil penghitungan waktu salat dalam aplikasi NU Online, diperoleh secara otomatis sesuai koordinat lokasi pengguna. Untuk wilayah Indonesia, media online tersebut menerapkan metode penghitungan Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama atau LFNU (Subuh -20° dan Isya -18°, ihtiyath +2 menit).

Aplikasi keislaman yang bisa diinstal via PlayStore dan AppStore (nu.or.id/superapp) ini menyediakan kebutuhan informasi dan notifikasi waktu shalat fardhu. Di fitur “Jadwal Shalat”, pengguna bisa melihat dan membagikan jadwal harian waktu shalat sesuai koordinat lokasinya. Bahkan, ia juga bisa mengunduh jadwal imsakiyah satu bulan penuh dalam format PDF, baik berdasar kalender Hijriah maupun Masehi.

“Fasilitas ini tentu mempermudah. Tetapi bagaimanapun, aplikasi ini hanya bersifat membantu. Untuk memastikan akurasi waktu, pengguna bisa membandingkannya dengan hasil penghitungan jadwal salat oleh LFNU di daerah masing-masing,” kata Mahbib Khoiron, Koordinator Program Pengembangan NU Online Super App, Ahad (3/4/2022).

Untuk menyesuaikan kondisi dan keperluan pengguna yang beragam, aplikasi ini dilengkapi pengaturan, yang memungkinkannya mengurangi/menambah menit ihtiyath sendiri. Juga disediakan opsi koreksi waktu, bagi mereka yang berada di lokasi dataran tinggi. Silakan tap ikon pengaturan di kanan atas pada halaman jadwal salat, atau tap pengaturan lalu pergi ke lokasi dan pengaturan waktu salat.

“NU Online Super App didesain untuk bisa mengingatkan waktu salat umat Islam di seluruh dunia, termasuk waktu imsak, dhuha, dan terbit matahari. Terdapat ragam pilihan notifikasi: suara bedug, bunyi kentongan, atau alunan adzan,” lanjutnya menambahkan.

Aplikasi ini, jelasnya, sudah di-tashih oleh Lembaga Falakiyah PBNU. Fitur Jadwal salat ini juga menyediakan sedikitnya 13 pilihan standar penghitungan dari mancanegara, antara lain Muslim World League, Majlis Ulama Islam Singapura (MUIS), Umm al-Qura University Mekah, Egyptian General Authority, dan North America (ISNA).

“Selain jadwal salat, aplikasi NU Online juga memuat belasan fitur lain, di antaranya al-Quran, Kalender Hijriah, Kalkulator Zakat, Ramadan, Ziarah, Tasbih Digital, Tutorial Ibadah, Kompas Kiblat, Khutbah, Maulid, Video, dan Artikel Keislaman,” katanya. (adb, rid)

Comments