Sekilas Kisah (Penciptaan) Manusia

0
679
Fathan Muchlis Abdillah

Dalam al-Quran Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَاِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلٰۤىِٕكَةِ ِانِّيْ جَاعِلٌ فِى الْاَرْضِ خَلِيْفَةً ۗ قَالُوْٓا اَتَجْعَلُ فِيْهَا مَنْ يُّفْسِدُ فِيْهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاۤءَۚ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ ۗ قَالَ اِنِّيْٓ اَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُوْنَ

Artinya “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, “Aku hendak menjadikan khalifah di bumi.” Mereka berkata, “Apakah Engkau hendak menjadikan orang yang merusak dan menumpahkan darah di sana, sedangkan kami bertasbih memuji-Mu dan menyucikan nama-Mu?” Dia berfirman, “Sungguh, Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.” (Al-Baqarah : 30)

Sejarah manusia dimulai dari diciptakannya Nabi Adam. Tidak ada jalan di sini, yang mempertentangkan pandangan sekitar generasi manusia dan diciptakanya Adam sebagai manusia pertama. Demikian penjelasan al-Quran.

Al-Quran memberikan isyarat, Allah menciptakan manusia bergenerasi, sebagaimana dijelaskan pula, bahwa ada suatu ketika (generasi) di mana manusia belum pernah disebut-sebut; belum ada.

Allah dalam firman-Nya menegaskan:

هَلْ اَتٰى عَلَى الْاِنْسَانِ حِيْنٌ مِّنَ الدَّهْرِ لَمْ يَكُنْ شَيْـًٔا مَّذْكُوْرًا

Artinya “Bukankah pernah datang kepada manusia waktu dari masa, yang ketika itu belum merupakan sesuatu yang dapat disebut?” (Al-Insan : 1)

Selanjutnya, penjelasan tentang dipilihnya Adam sebagai khalifah di muka bumi, penulis dapat dari al-Quran. Amanat sebagai khalifah di bumi ini tidaklah tugas yang ringan, melainkan “tugas” dengan tanggung jawab teramat berat yang tentu akan dipertanggungjawabkan pula.

Untuk dapat melaksanakan tugas kekhalifahan itu, Allah memberikan Adam (manusia) sebuah karunia agung, yaitu berupa akal pikiran (kecerdasan) dan juga ilmu pengetahuan. Yang, dengannya, manusia bisa membedakan mana yang baik mana yang tidak baik, dan seterusnya.

Adakah makhluk lain yang diciptakan Allah Subahanahu wa Ta’ala sebelum Adam diciptakan?

Mengenai hal ini, jelas ditegaskan dalam al-Quran, bahwa sebelum Adam diciptakan, telah ada makhluk lain yang telah diciptakan terlebih dahulu, yang populer yaitu Iblis dan malaikat.  Dua makhluk Allah yang kemudian berada di jalan yang berbeda. (Fathan Muchlis Abdillah, mahasantri penerima Beasiswa Cendekia Baznas RI)

Comments