PCNU Pati : Budayakan Ngaji Kitab Kuning Kepada Kiai 

0
1098
Wakil Ketua PCNU Pati Jamal Makmur Asmuni

PATI,Suaranahdliyin.com – Wakil ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pati Jamal Makmur Asmuni mengatakan para pelajar Nahdlatul Ulama harus kembali membudayakan mengaji kitab kuning kepada kiai.

Jamal Makmur menyampaikan hal itu dalam acara pelantikan pengurus Pimpinan Cabang IPNU-IPPNU kabupaten pati di Ruang rapat Penjawi Kantor Bupati, Sabtu (14/7/2018). Hadir juga pada acara itu, Sekretaris daerah (sekda) Pati Edy Sulistiono dan jajaran PW IPNU-IPPNU Jawa Tengah.

Jamal mengutarakan belakangan ini mencari sosok pemuda ahli fakih dan mahir kitab kuning semakin susah. Hal ini sangat berbeda dengan mereka yang tahfidz (hafal al-Qur’an).

“Dengan ngaji kitab akan lahir banyak kader yang fakih. Bahkan kalau bisa fakih juga tahfidz,”tandasnya.

Jamal juga memberikan motivasi semangat kepada pengurus IPNU-IPPNU yang baru dilantik. Ia mengatakan sebenarnya menjadi pengurus itu musibah, bukan kebahagiaan (bisyaroh). Karena menjalankan amanah di tengah kesibukan itu bukan sesuatu yang mudah.

“Di NU sebenarnya SDM-nya kaya. Tetapi yang punya waktu ini yang mahal. Karena semuanya sibuk dimana-mana sesuai profesi masing-masing.”ujarnya.

Sedangkan Sekretaris Daerah (sekda) kabupaten Pati Edy Sulisyono menekankan menjadi pengurus itu mudah. Tapi melaksanakan setelah jadi pegurus itu yang sulit. “Jadi saya harap untuk pengurus-pengurus yang telah dilantik, benar-benar komitmen terhadap program-program yang telah diutarakan.”tandasnya.

Pelantikan pengurus IPNU Pati dengan ketua Achsanul Umam dan IPPNU dibawah kepemimpinan Uswatun Hasanah berlangsung lancar. Usai pelantikan, mereka mengadakan rapat kerja guna merumuskan program kerja periode tiga tahun ke depan. (tia/adb).

Pengurus PC IPPNU Pati dalam pelantikan kemarin
Comments