Menyoal Pengaruh Pendidikan Keluarga

0
148

Oleh: Maftuhan

Keluarga adalah tempat sekolah pertama bagi anak-anak, dimana setiap hari apa yang akan ditiru dari keluarga kecil satu rumah. Ketika keluarga itu mengajarkan kebaikan lebih banyak, maka anak akan terbentuk pendidikan yang baik pula, namun ketika dalam keluarga dengan kebiasaan yang buruk, maka anak apa yang terbiasa buruk pula.

Mendidik anak dari keluarga sangat penting bagi orang tua di rumah, perhatikan pergaulan mereka dengan sering memberikan edukasi untuk anak agar tidak terjerumus yang tidak diinginkan.

Dengan mendidik anak sendiri dari kesadaran orang tua, maka anak-anak tidak akan bermain sembarangan karena arahan orang tua di rumah.

Ketika orang tua sibuk terlalu banyak, sempatkan waktu memperhatikan anaknya walaupun sehari cukup 30 menit mendampingi belajar mereka dan memberi adab waktu selain belajar, karena dengan memberikan perilaku baik, anak akan terbiasa.

Waktu adalah ilmu. Gunakan waktu sebaiknya, untuk bermanfaat di lingkungan sekitar dan selalu belajar dimanapun. Jika anak belum bisa membaca ketika sudah sekolah, apakah yang salah Guru di sekolah? Ataukah orang tua di rumah?

Perlunya bahasa ibu dari orang tua anak sangat penting untuk edukasi jenjang selanjutnya. Bisa komunikasi baik dan bisa membaca adalah awal dari sekolah anak-anak.

Jadi, siswa sekolah sekarang yang seharusnya sudah bisa menghitung, menghafal, dan praktik. Dimulai dari bahasa ibu mereka, yakni dari membaca.

Kita sudah tahu bahwa Wahyu pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad melalui malaikat adalah surat Al Alaq, yang artinya “Bacalah”.

Sekilas sepele, namun kunci dari pendidikan adalah dimulai dari membaca, dengan bisa membaca akan mengetahui semua ilmu yang ada di gudang. Membaca adalah jendelanya segala ilmu.

Jadi, dengan demikian pendidikan keluarga sangat berpengaruh untuk anak-anak, mungkin guru tidak bisa memberikan ilmu banyak apalagi orang lain. Dari orang tua walaupun hanya satu ucapan akan terekam kuat oleh anak-anak. (*)

Maftuhan,

Penulis adalah pengelola Taman Baca (TBM) Rumah Kreatif, Grobogan, Jawa Tengah.

Comments