Kenalkan Literasi dari Taman Baca

0
336
Beberapa anak tengah bermain di TBM Rumah Kreatif, Grobogan, Jawa Tengah

Oleh: Maftuhan

Dunia literasi bukan hanya buku yang tertata di rak saja, namun bisa juga bagian dari seni, budaya, dan agama.

Dari pegiat Taman baca di Indonesia, saya adalah segelintir saja di kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Karena dunia literasi perlu sering berkomunikasi dengan baik antara pegiat literasi yang banyak.

Dari dekat sering berkunjung dan saling berbagi ilmu yang sudah dipahami, buku yang tertata sekedar koleksi saja. Namun isi yang lebih bermakna untuk usia yang sudah digolongkan.

Karena Taman Baca Masyarakat (TBM) yang saya kenal, rerata cara berbagi ilmu literasinya sudah profesional, serta pegiat TBM umumnya bagian dari guru yang bergerak.

Di sisi lain, karena ingin ada sesuatu yang lebih untuk anak berkeinginan belajar dengan tanpa biaya alias gratis. Pendidikan sekarang walaupun sudah ada bantuan, masih ada anak-anak yang memilih hidup di jalan.

Pilihan yang didasari dengan perekonomian pas-pasan serta dorongan dari keluarga yang sudah terlalu tertekan. Ada juga teman TBM bergerak di lapak buku di jalanan, di rumah, di hutan, di keramaian kota, dan sebagainya.

TBM yang di Grobogan yang sudah tercatat sekarang mencapai 24 TBM komunitas. Selain menyediakan buku bacaan untuk merawat tradisi literasi, juga ada yang menekuni dongeng, dolanan tradisional, dan wirausaha.

Adapun yang TBM sebagai pendongeng dengan keahlian dongeng has bonekanya selalu dibawa ketika berkunjung aksi di TBM tetangga, seperti kak Yuli dan Teh Dini.

Merawat tradisi lewat dolanan tradisional di TBM yang saya kelola, selain buku yang disediakan juga mengenalkan dolanan tradisional agar anak-anak disekitar bisa tahu nama dolanan tradisional dan bisa cara bermain.

Karena zaman yang selalu berkembang dengan teknologi, anak-anak jangan sampai tidak tahu dolanan tradisional, karena permainan di Android sekarang tak bersosial, sebab bermain sendiri.

Berbeda dengan dengan dolanan tradisional permainannya diiringi dengan edukasi serta bersosialnya lebih tinggi. Ada nilai kompak, komunikasi, dan strategi yang baik. (*)

Maftuhan,

Penulis adalah pengelola Taman Baca (TBM) Rumah Kreatif, Grobogan, Jawa Tengah.

Comments