Kreatif, Musik Tongtek ala Fatayat NU Mejobo

0
308
Ibu-ibu anggota Fatayat NU desa Mejobo memainkan Tongtek pada Pembukaan LKD kemarin

KUDUS,Suaranahdliyin.com – Ada yang berbeda dari Latihan Kader Dasar (LKD) Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat NU Kecamatan Mejobo. Dalam pembukaan LKD Ahad (26/6/2022)kemarin, sebuah musik Tongtek memeriahkan acara yang berlangsung di SMK As-Saidiyah 2 Mejobo.

Menariknya, musik Tongtek dimainkan sembilan personil anggota Ranting Fatayat NU desa Mejobo. Meski menabuh ragam alat music seadanya seperti ember, baskom, panci, botol, galon dan kecrek, iramanya terdengar rancak mengiringi lagu-lagu religi yang dinyanyikan.

“Saat mengisi pembukaan LKD, ada 5 lagu yang ditampilkan diantaranya Assalamu’alaikum, Ya Nabi, Yalal Wathon dan  Prahu Layar, Dinok serta Joko Tingkir yang telah digubah lirik Fatayat,”tutur Ketua PAC Fatayat NU kecamatan Mejobo Nafis Sholihah kepada Suaranahdliyin.com, Senin (27/6/2022).

BACA JUGA : Dukung Kiprah Fatayat, Suami – Istri Perlu Berbagi Peran

Nafis mengapresiasi kreatifitas dari PR Fatayat NU Mejobo yang telah menarik perhatian kaum ibu yang memiliki bakat di bidang musik dan qasidah.

“Sungguh luar biasa, ibu-ibu ini mampu mengeksplorasi keahlian seninya untuk memeriahkan kegiatan Fatayat,”ungkapnya.

Ia mengatakan seni tongtek termasuk salah satu warisan budaya yang perlu untuk dilestarikan. Zaman dahulu, seni musik tradisional ini sangat berguna sebagai tanda untuk menunaikan ibadah sahur pada bulan puasa Ramadhan.

“Namun di era modern yang serba canggih ini, tongtek yang menjadi  budaya masyarakat secara perlahan mulai tergeser. Karena itu, seni budaya Tongtek perlu dikenalkan serta dilestarikan kepada generasi muda saat ini,”tandas Nafis.

Bila ingin menyimak penampilan musik Tongtek PR Fatayat NU desa Mejobo di pembukaan LKD, tonton videonya dengan klik tautan link ini https://youtu.be/NnYuhae3h8I (adb/ros)

Comments