Terkait Proses Sertifikasi Tanah Wakaf
Kemenag Gelar Rakor Bareng BPN

0
507
Paparan soal proses sertifikasi tanah wakaf oleh Kemenag Kudus dan BPN Kudus

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kudus menggelar rapat dan koordinasi (rakor) bersama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Kudus, Senin (28/3/2022).

Rakor yang digelar di ruang rapat Lantai II Kantor Kemenag Kabupaten Kudus, itu dipimpin oleh Gara Zawa Kemenag Kudus, HM Ulin Nuha Lc MUs dan dihadiri para kepala Kantor Urusan Agama (KUA) / Pejabat Pembuat Akta Ikrar Wakaf (PPAIW) se Kabupaten Kudus dan penyuluh non PNS.

Sudarto SH, salah satu pegawai BPN Kudus, menilai positif program Kemenag Kabupaten Kudus untuk membantu masyarakat mempermudah dalam pengurusan proses sertifikasi tanah wakaf, yang menggandeng BPN Kabupaten Kudus.

“Untuk keperluan pelayanan itu, perlu keseragaman, keserasian, dan kesamaan berkas-berkas perwakafan dari sembilan KUA yang ada di Kabupaten Kudus, sehingga masyarakat bisa terlayani dengan mudah dan baik,” tuturnya.

Peserta Rakor menyimak paparan, kemarin

HM Ulin Nuha dari Gara Zawa Kemenag Kudus, mengapresiasi pihak BPN Kabupaten Kudus atas dukungannya terhadap program sertifikasi tanah wakaf ini. “Kemenag melalui Penyuluh Agama Islam se Kabupaten Kudus yang membidangi wakaf, akan melakukan pendampingan dalam proses pengurusan sertifikat tanah wakaf,” ungkapnya.

Dia menambahkan, pihaknya sudah membuat formula supaya proses pengurusan sertifikasi tanah wakaf itu mudah, dengan cukup datang ke kantor KUA dan tidak perlu bolak balik ke Kantor BPN. “Validasi berkas akan dilakukan di KUA per kecamatan. Baru setelah berkas komplet, dibawa ke kantor BPN Kudus untuk di proses,” katanya. (ros/ rid, adb)

Comments