Hindun Anisah: Era Metaverse dan Teknologi Blockchain Wadah dan Peluang Percepatan Ekonomi

0
302
Hj Hindun Anisah/ Foto: istimewa

JEPARA, Suaranahdliyin.com – Ketua Umum Forum Pengasuh Pesantren Putri, Hj Hindun Anisah MA mengajak generasi santri muda, terutama generasi milenial dan Z, meningkatkan kompetensi untuk mengambil peluang go-digital di era metaverse yang penuh peluang baru, dalam upaya percepatan ekonomi, khususnya sektor ekonomi kreatif.

“Rencananya, kami akan mengadakan diskusi dengan teman-teman muda generasi milenial, generasi Z, membahas tentang teknologi blockchain, NFT dan metaverse yang kami yakini sebagai peluang yang bisa kita gunakan untuk kebangkitan ekonomi, dan membuka banyak peluang kerja,” katanya, Rabu (19/1/2022) kemarin.

Metaverse, terang pengasuh pesantren Hasyim Asy’ari Bangsri itu, adalah sebuah dunia virtual, di mana pengguna dapat berbelanja, bersosialisasi, mengambil bagian dalam kegiatan mengaji, berdakwah, berdagang, rekreasi, dan belajar di dalam dunia virtual.

“Melalui metaverse, pesantren dapat membuka peluang tanpa batas, untuk meraih banyak keuntungan dengan cara yang sebelumnya tidak pernah dibayangkan,” sebutnya.

Usia Produktif
Bagi para pelaku di bidang industri kreatif, khususnya digital, desain, dan game, ini akan menjadi lahan yang terbuka lebar untuk meraih banyak peluang.

Hindun berpandangan, sumber daya manusia di Indonesia kini didominasi oleh usia produktif, sehingga era metaverse dan teknologi blockchain ini, dapat menjadi wadah serta peluang percepatan ekonomi.

“Pada 2040 nanti, ditengarai sebanyak 23 juta lapangan kerja mungkin tergantikan, tapi ada 46 juta lapangan kerja baru terutama berkaitan dengan artificial intelligence, blockchains dengan virtual reality dan augmented reality, serta inovasi-inovasi lainnya,” lanjut Hindun menambahkan.

Untuk itu, tuturnya, kalangan pesantren harus ikut ambil bagian. “Ini adalah awal kebangkitan. Kita harus bergerak secara tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu, agar teman-teman milenial ini (tetap) menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” katanya. (via/ ros, adb)

Comments