Hadiri Resepsi 1 Abad NU, Rombongan MWC NU Gebog Kudus Ziarahi Makam Muasis

0
748
Rombongan MWCNU Gebog menziarahi makam salah satu muassis NU KH.Ma’shum Lassm, Senin (6/2/2023)

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Puluhan pengurus Majeleis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Gebog Kudus mengadakan ziarah ke makam para pendiri dan muasis Nahdlatul Ulama. Agenda tersebut dilaksanakan dalam rangka memeringati resepsi 1 abad NU.

Diawali dengan khotmil Qur’an pada Jumat kemarin (3/2/2023), rombongan ziarah terlebih dulu menziarahi makam tokoh NU Gebog dan tokoh masyarakat setempat, yakni Makam Sukun Wartono. Tak lupa rombongan juga ziarah ke Muasis Kudus yaitu Raden Asnawi dan Raden Khambali Kudus.

Hari ini, Senin (6/2/2023) sebanyak 50 personel kembali melanjutkan ziarah ke makam Muasis NU ke arah Jawa Timur. Rombongan sempat berziarah ke Makam Mbah Ma’sum Lasem Rembang, Makam Mbah Wahab, Mbah Bisri Syamsuri, serta Mbah Hasyim Asy’ari di Jombang, Jawa Timur.

“Kegiatan ini sebagai rangkaian menghadiri resepsi 1 abad NU di Sidoarjo Jawa Timur,”terang ketua MWCNU Gebog Kiai Suwantho kepada suaranahdliyin.com Senin (6/2/2023)

Kiai Suwantho mengatakan agenda ziarah makam Muasis NU ini bertujuan untuk ngalap berkah dan menghormati perjuangan tokoh NU pendahulu.

Pihaknya berharap para kader-kader NU di Kecamatan Gebog dapat meneladani dan belajar dari perjuangan tokoh-tokoh Muasis pendiri NU.

“Alhamdulillah kali ini kami berangkat ziarah bersama ke makam Muasis NU, mudah-mudahan lancar tidak ada halangan,” katanya.

Ia menilai generasi NU saat ini memang perlu meneladani kegigihan dan perjuangan para tokoh pendahulu. Hal itu juga dapat diambil teladan oleh para kader NU baik dalam bidang perjuangan, keorganisasian maupun bidang keilmuan.

Dia juga menyebut bahwa perjuangan para Muasis dulu sangat hebat. Terlebih pada saat itu, perkembangan teknologi dan informasi masih serba sulit, namun para muasis masih terus berjuang.

Teladan tersebut, lanjut dia, patut dijadikan contoh oleh kader NU untuk diterapkan di daerahnya masing-masing. Lewat organisasi dan jamaah, warga nahdliyin bisa kompak dan solid dalam memperjuangkan NU di era-era mendatang.

“Harapan kami sebagai kader nu, generasi nu bisa mengambil suri teladan, contoh perjuangan untuk dilaksanakan di daerah kami, sekaligus tabarukan ngalap berkah dan meneruskan perjuangan beliau,” beber Kiai Suwantho.

Usai berziarah, para rombongan akan menghadiri resepsi peringatan 1 abad Nahdlatul Ulama di Stadion Delta Sidoarjo, Jawa Timur. Resepsi 1 abad ini akan dimulai pukul 00.00 wib pada Selasa dini hari nanti.

Sementara itu, menanggapi kegiatan ziarah muasis dan resepsi 1 abad NU, Ketua PAC GP Anshor Gebog, Muhammad Nailash Shofa mengungkapkan agenda ini bisa menjadi bahan refleksi dan menumbuhkan lagi semangat pengurus, kader dan juga banom NU.

Selain itu, dia juga berharap ke depannya, setelah peringatan 1 abad ini, NU semakin digdaya dalam membangun peradaban.

“Sesuai dengan tagline-nya. NU semakin digdaya dan selalu berdampingan baik dengan pemerintah dan masyarakat,” harapnya.(sim, adb/ros) 

Comments