100 Kaligrafi Lukis Siluet Dipamerkan

0
1106
Pameran karya lukis dimeriahkan dengan pementasan musik

KUDUS, Suaranahdliyin.com – sebanyak 100 lebih kaligrafi dipamerkan dalam agenda peringatan harlah hadratussyaikh KH. Hasyim Asy’ari. Kaligrafi berbentuk siluet dan bentuk lainnya dipamerkan di wisata edukasi kaligrafi Dersoyo Kajar, Dawe, Kudus, Selasa malam (14/2/2023).

Selain memperingati hari lahir tokoh pendiri NU, agenda tersebut juga dalam rangka menyongsong abad ke 2 Nahdlatul Ulama. Setelah dibuka dengan pembacaan tahlil dan doa sebagai syukuran, juga dimeriahkan dengan suluk Sanggita Lesbumi NU Kudus dan jamiyyah Gemma Musthofa Kudus.

Haryanto selaku pemilik Vila MC pro wedding organizer sekaligus penyelenggara acara menyambut baik pelaksanaan kegiatan pameran 99+1 kaligrafi lukis siluet KH Hasyim Asy’ari.

Ia bekerjasama dengan Kaligrafer Menara, Syafiq yang menginisiasi acara bermaksud untuk mengajak kembali generasi muda supaya tertarik lagi terhadap karya seni rupa kaligrafi.

Lebih dari 50 kaligrafi lukis siluet bergambarkan sosok Mbah Hasyim Asy’ari sebagai bentuk ngalap berkah dan memuliakan pendiri NU. Karya-karya yang dipanjang ini sebagian besar merupakan produk lokal Kudus. Sementara sebagian lainnya berasal dari luar kota.

“Malam ini kami kembali mengadakan wisata edukasi kaligrafi yang bertepatan dengan 1 abad NU dan harlah KH Hasyim Asy’ari,” kata Haryanto ketika diwawancarai, Selasa (14/2/2023).

Dirinya berharap, dengan dibukanya wisata edukasi kaligrafi ini, bisa menumbuhkan kembali semangat anak-anak muda untuk terjun di dunia kaligrafi. Kegiatan ini disupport dan diikuti oleh berbagai elemen lintas umur dengan kolaborasi dari para kaligrafer Kudus.

Sejumlah karya siluet yang dipamerkan

Menurutnya, potensi kaligrafi di Kudus cukup baik dan perlu dikembangkan lagi sehingga bisa menumbuhkan bibit unggul di bidang kaligrafi.

“Harapannya, anak-anak sekolah, tidak hanya belajar kaligrafi, tetapi juga menekuni bidang itu, supaya kaligrafi di kudus bisa lebih berkembang,” ujarnya. (sim/ rid, adb)

Comments