Habib Bidin Ikut Mlaku-Mlaku Bareng Santri Kudus

0
2567
Habib Bidin tampak di tengah kerumunan santri dan pengawalan Banser Kudus

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Ada yang istimewa dalam Mlaku-Mlaku Bareng Santri Kabupaten Kudus tahun 2019 kali ini. Pasalnya, Ketua Rijalul Ansor Jawa Tengah, al-Habib Ali Zainal Abidin bin Segaf Assegaf (Habib Bidin) ikut mlaku bareng di Alun-alun Kudus, Ahad (27/10/19).

Tepat pukul 07.30 WIB ribuan santri se-Kabupaten Kudus itu mulai berjalan berkeliling kota Kudus. Habib Bidin melepas deretan santri dan santriyah yang mengular sekitar 7 km.

“Bismillahirrahmanirrahim, Allahumma Sholli ‘Ala Sayyidina Muhammad,” kata Habib Bidin seraya melepas balon ke udara didampingi jajaran PCNU Kabupaten Kudus.

Cucu Habib Abu Bakar Assegaf itu kemudian turun ke jalan yang diikuti oleh grup hadroh Azzahir dan sebagian Zahir Mania. Dengan pengawalan ketat oleh Banser Habib Bidin menyusuri jalanan kota mulai Alun-alun menuju persimpangan Pasar Bitingan Kudus, kemudian lewat Jl. KH. Wahid Hasyim untuk kembali ke Alun-alun Kudus lagi.

Para santri-santriyah yang mengikutinya pun  tampak sumringah. Sepanjang perjalanan berbagai yel-yel mereka suarakan untuk menunjukkan eksistensi masing-masing pondok dan madrasahnya.

Terdengar juga Ya Lal Wathan, Lagu Tanah Airku dan Sholawat Badar yang menggema sepanjang jalan diiringi musik drumband.

Usai berjalan bersama Habib Bidin dan Azzahir ribuan santri itu kembali memadati Alun-alun untuk menyaksikan berbagai pementasan seni dan budaya dan pembagian doorprize. (rid, ros/adb)

Comments