Gunakan E-Vote, Pilketos SMK Hasyim Asy’ari 2 Dibuka Komisioner KPU Kudus

0
681
Hasil e-vote pada pemilihan ketua OSIS SMK NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus

KUDUS, Suaranahdliyin.com – OSIS SMK NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus menyelenggarakan Pemilu Raya untuk memilih ketua baru pada Rabu (23/10/19). Menariknya, ajang demokrasi siswa-siswi tersebut dibuka oleh anggota KPU Kabupaten Kudus Dhani Kurniawan.

Pada kesempatan itu Dhani mengapresiasi penggunaan e-vote dalam pemilihan Ketua OSIS SMK NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus. Menurutnya hal itu merupakan langkah maju bagi pembelajaran demokrasi siswa berbasis teknologi.

“Ini langkah yang luar biasa, adanya e-vote menjadi pembelajaran bagi siswa juga dalam menggunkan teknologi,” sebutnya.

Ia juga berpesan kepada para siswa dan siswi untuk menjadi pemilih yang cerdas. Yaitu dengan memilih calon ketua sesuai hati nuraninya sendiri dan tidak asal ikut pilihan orang lain. Dhani pun mengingatkan supaya siswa tidak golput.

“Tolong jadilah pemilih yang cerdas, jangan ikut-ikut dengan temannya. Pun jangan sampai siswa golput, karena kegiatan ini bentuk tanggung jawab dan wadah siswa menyuarakan hak,” kata dia.

Setelah apel, semua siswa SMK diarahkan untuk menuju meja-meja yang telah disediakan laptop untuk memilih calon ketua OSIS lewat aplikasi E-Vote. Mereka maju secara bergantian, setelah itu jari mereka diberi tinta sebagai tanda bahwa mereka telah melakukan proses pemilihan.

Aggota KPU Kudus, Dhani Kurniawan membuka pemilihan ketua OSIS SMK Hasyim Asy’ari 2 Kudus

Tidak hanya Dhani, penggunaan e-vote untuk pemilihan ketua OSIS ini juga direspons positif oleh siswa-siswi SMK NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus. Siswa kelas X TKJ 1 Muhammad Fuad Hariri, misalnya, mengatakan adanya e-vote membuat siswa lebih mengerti bagaimana cara memilih menggunakan tekhnologi. Selain itu, cara ini juga dirasa lebih praktis ketimbang menggunakan kertas seperti sebelum-sebeumnya.

“Dengan e-vote ini praktis dan kami juga lebih bisa memahami penggunaan teknologi secara positif,” ujarnya.

Usai pemilihan, panitia pemilihan ketua OSIS melakukan penghitungan suara. Tidak lama, sebab hasil voting elektronik itu langsung bisa terlihat. Terpilihlah Falakhul Faza Luddin sebagai ketua OSIS SMK NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus periode 2019/2020. Ia unggul dari empat kandidat lainnya, yaitu Sri Wahyuni, Rahma Noor Ayunda Ningrum, M. Alimul Huda dan M. Alimul Husain Aliana.

“OSIS adalah kepentingan bersama, karena organisasi adalah kegiatan bersama untuk menjalankan tugas yang diemban, maka kami akan tetap bekerja sama dalam menyelesaikan tugas keorganisasian ke depan,” kata Falakhul Faza Luddin sebagai ketua OSIS terpilih. (Tim Redaksi SMK NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus / rid)

Comments