Gandeng Pagar Nusa, Ansor – Banser Kudus Latihan Pencak Silat

0
11806

KUDUS,Suaranahdliyin.com – Guna menambah bekal kemampuan bela diri, Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor dan Satuan Koordinasi Cabang (Satkorcab) Banser Kabupaten Kudus mengadakan latihan pencak silat di lapangan Merdeka Kota Kudus. Pada latihan perdana Sabtu malam (15/7/2018) diikuti puluhan pengurus dan anggota Ansor – Banser dengan pelatih dari Pagar Nusa Kudus.

Komandan Satkorcab Banser Kudus Wawan Awaluddin mengatakan pelatihan ini merupakan langkah awal positif untuk konsolidasi komponen Nahdlatul Ulama khususnya Ansor-Banser dan Pagar Nusa untuk membangun ukhuwah sesama kader.

“Kebersamaan (Ansor-banser,Pagar Nusa) ini semoga mampu memperkuat soliditas kekuatan komponen NU memperjuangkan dan menjaga Islam Aswaja Annahdliyah.”ujarnya kepada Suaranahdliyin.com di sela-sela latihan.

Ia menjelaskan anggota Ansor – Banser perlu memiliki ketrampilan dan kemampuan pencak silat dalam upaya membekali maupun membentengi diri . Apalagi anggota Banser mempunyai tugas dan tanggung jawab yang berat sebagai pengawal NU, Kiai, masyarakat , agama dan bangsa

“Selama ini kita baru mengenalkan jurus-jurus pencak silat Pagar Nusa dalam pendidikan dan latihan dasar (Diklatsar) Banser. Melalui latihan ini agar bisa lebih mematangkan kemampuan silat para anggota,”imbuhnya.

Wakil ketua PC GP. Ansor Kudus Saiful Anas menambahkan selain untuk olah raga kegiatan ini juga untuk menambah skill  anggota Ansor- Banser di bidang kanuragan. “Latihan ini akan diadakan rutin setiap malam Ahad di Lapangan Merdeka (belakang kantor PCNU Kudus),”ujarnya usai ikut latihan.

Ketua PC Pagar Nusa Kudus Husnul  khitam mengatakan dengan adanya latihan bela diri Ansor-Banser dengan mengambil para pelatih dari perguruan Pagar Nusa adalah salah satu langkah awal untuk sinergisnya organisasi badan otonom (banom) Nahdlatul Ulama.

“Harapan ke depan. Ansor Banser harus mampu dan bisa bela diri, sebab kita tahu bahwa Ansor Banser adalah garda terdepan untuk mengawal keamanan NU dan ulama,”ujarnya saat memberikan pengarahan.

Salah satu peserta latihan Irvan yang juga pengurus Aswaja Center Ansor menyambut baik adanya pelatihan ini. Ia mengungkapkan motivasi awal mengikuti pelatihan ini dalam rangka menyeimbangkan aktivitas otak sehari-hari dengan kegiatan fisik yang berbasis olah raga.

“Dengan pelatihan Pagar Nusa ini, saya bisa membekali diri dengan bela diri untuk menjaga diri sendiri dan keluarga.”tuturnya.

Sebagai kader Ansor, Irvan mengharapkan Pagar Nusa lebih membumi pada diri Ansor- Banser. “Dengan begitu, Ansor-Banser  tidak  akan kehilangan jati dirinya sebagai kader NU sehingga mampu menguatkan tiap bentuk lembaga dalam tubuh NU.”imbuhnya (gie/adb)

Comments