Filosofi Dua Sunan untuk Bangun Kudus

0
1220
Agus Hendratno menyampaikan pandangannya terkait filosofi dua sunan untuk membangun Kudus

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Pakar geologi dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Agus Hendratno, menjadi salah satu panelis dalam dalam dialog interaktif yang digelar Keluarga Kudus Yogyakarta (KKY) terkait Pilkada.

Pada kesempatan itu Agus Hendratno menyampaikan, bahwa pembangunan yang dilakukan di Kabupaten Kudus, nampak semakin menjauhi nilai-nilai filosofi yang diajarkan Sunan Kudus dan Sunan Muria.

Dalam pandangannya, Sunan Muria dulu mengajarkan tata cara mengelola masyarakat Muria. dengan pendidikan berkebun, irigasi serta diimbangi dengan nilai yang agamis (religius).

“Demikian juga dengan Sunan Kudus. Beliau memberikan teladan yang begitu bagus dalam menata birokrasi dan pemerintahan,” jelasnya dalam diskusi interaktif yang juga menghadirkan Moh. Rosyid dan Nur Said sebagai panelis.

Dikemukakan lebih lanjut, agar berhasil memimpin Kudus, haruslah berhati-hati. ‘’Kudus merupakan salah satu daerah yang istimewa. Kudus menyimpan berbagai situs, yang memiliki kesamaan dengan Kota Suci Yerussalem,’’ tuturnya. (rid, lam/ adb, ros)

Comments