Beruntunglah Anak yang Berbakti pada Orang Tua

0
152
Prof Dr KH Said Agil Husin Al Munawar / Ilustrasi: istimewa

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Orang yang masih memiliki orang tua, adalah orang – orang yang sangat beruntung. Sebab, dia masih memiliki kesempatan untuk berbakti dan taat kepada kedua orang tuanya.

Hal itu disampaikan Prof Dr KH Said Agil Husin Al Munawar sebagaimana dilihat Suaranahdliyin.com di Channel Youtube Said Agil Husin Al Munawar, Senin (3/1/2022).

“Yang masih punya orang tua, bakti dan taat. Kalau sudah ditinggal, kita tidak bisa apa-apa. Kita hanya bisa kriim (doa), tidak bisa yang lain. Sedekah kita niatkan untuk dia. Ibadah kita niatkan untuk dia. Tidak bisa kita berbuat (berbakti) lagi,” katanya.

Maka, jangan sampai seorang anak durhaka pada orang tua. “Orang yang durhaka kepada orang tua, dijamin oleh Rasulullah menjadi penghuni neraka. Dia (orang tua) yang membesarkan kita, bagaimana kita durhaka?” ungkapnya.

Disampaikan, bahwa bicara ‘ah’ saja nggak boleh. Apalagi menghardik, nggak boleh. “(Kenapa? (itu) menyakiti (hati orang tua). Orang tua tidak boleh disakiti. Tidak pernah orang tua mendoakan kita tidak baik. Nakalnya bagaimana, orang tua tidak pernah mendoakan anaknya supaya celaka,” tuturnya.

Selain supaya anak berbakti kepada orang tua, Prof Dr KH Said Agil Husin Al Munawar juga mengingatkan untuk menghormati guru. “Kita taati guru kita. Kita ingin mendapatkan keberkahan dari guru. Waktu kecil, kita mungkin tidak merasakan. Tapi waktu besar, kita akan merasa (keberkahannya). Guru yang membentuk pribadi dan karakter kita. Maka kita khidmah pada guru kita,” katanya. (ros/ adb, rid)

Comments