Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Buka Forum Edukasi Keterbukaan Informasi Publik

0
146
Drs. H. Fathan Subchi dalam Forum Edukasi Keterbukaan Informasi Publik Indonesia Re

JAKARTA, Suaranahdliyin.com – Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Drs. H. Fathan Subchi M.A.P membuka forum edukasi keterbukaan informasi publik di Westin Hotel, Kuningan, Jakarta, Selasa (23/04/24). Forum edukasi tersebut diadakan oleh PT Reasuransi Indonesia Utama (Indonesia Re) sebagai sarana komunikasi dan konsultasi kepada publik.

Pada kesempatan itu, Fathan menyampaikan keterbukaan informasi penting untuk memastikan kinerja dan tata kelola perusahaan dalam keadaan baik. Publik jadi bisa melihat bahwa perusahaan ini akuntabel dan transparan. “Sehingga kepercayaan publik terhadap perusahaan ini akan meningkat,” ujarnya.

Forum edukasi semacam ini juga memungkinkan publik bisa mengakses segala informasi terkait perusahaan, siapa direkturnya, manajernya bagaimana tata kelola sumber dayanya dan sebagainya. Keterbukaan informasi ini bisa jadi modal bagi perusahaan untuk meraih perhatian publik.

“Bagi internal perusahaan tentu saja akan semakin memicu kinerjanya agar tidak ada kesalahan seminimal mungkin,” imbuhnya.

Fathan juga mengapresiasi upaya Indonesia Re dalam hal keterbukaan informasi publik. Menurutnya, BUMN di bidang reasuransi ini sangat berpengalaman dalam mengelola informasi perusahaan untuk diakses publik.

Direktur Utama Indonesia Re Benny Waworuntu di Jakarta, Senin, menyatakan komitmennya terhadap keterbukaan informasi publik. Hal itu tercermin dengan dibuatkannya seksi khusus pada situs perusahaan yang memuat informasi-informasi wajib yang harus disampaikan kepada publik.

“Dengan begitu kami menerima dengan baik hasil review pihak ketiga untuk menjadi pijakan kebijakan bagi para stakeholder,” sebutnya.

Sejak tahun 2022 sampai dengan 2024, kata Benny, Indonesia Re sudah beberapa kali mendapatkan penghargaan dalam hal keterbukaan informasi publik dan penerapan tata kelola perusahaan yang baik.

Penghargaan itu antara lain, Survival Creation Terbaik Perusahaan BUMN Kategori Tata Kelola Perusahaan dari BUMN Track, Indonesia Excellence GCG Awards: Managing a High Level of Company Performance in GCG Ethics in Corporate Business Development Strategy dari Warta Ekonomi, Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik; The Most Resilience High Activity dari BUMN Track dan Excellence GCG Award Kategori Reasuransi dari Warta Ekonomi. (rls/rid)

Comments