Tutup Mulud, Pokdarwis Padurenan Adakan Gebyar Maulidan Jawiyan

0
114
Festifal Terbang Papat tahun lalu ini menjadi rangkaian acara Gebyar Maulidan Jawiyan desa Padurenan, yang akan kembali digelar pada 5-6 Desember 2018 mendatang

KUDUS,Suarananahdliyin.com – Untuk menutup bulan Rabi’ul Awal (Mulud), Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) desa Padurenan Gebog Kudus kembali akan mengadakan rangkaian acara bertajuk Gebyar Maulidan Jawiyan, 5-6 Desember 2018. Kegiatan yang dipusatkan di Balai desa Padurenan ini akan menampilkan Festival Terbang Papat dan Kirab Budaya.

Ketua Pokdarwis Padurenan H. A.Wafiy Baq mengatakan Gebyar Maulidan jawiyan ini telah menjadi agenda rutin setiap bulan Maulid. Tujuannya untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW serta mengenalkan tradisi Maulidan Jawiyan kepada masyarakat luar.

“Pada tahun ini, kami laksanakan di akhir bulan Mulud sebagai penutup semua kegiatan maulidan Jawiyan sebulan penuh,”ujarnya.

Ia menjelaskan Gebyar Maulidan Jawiyan akan diawali Festival terbang Papat se Kecamatan Gebog pada hari Rabu malam (5/12/2018)dan Kirab budaya hari Kamis siang (6/12/2018). Hingga kini, ada 15 group terbang papat dari desa se Kecamatan Gebog yang sudah mendaftar.

“Kalau Kirab Budaya akan diikuti semua kelompok masyarakat Padurenan termasuk sekolah madrasah, Musholla, RT dan RW. Kirab ini nanti dilombakan, masing-masing kelompok akan dinilai kreatifitasnya,”imbuhnya.

Sementara Kepala Desa Padurenan Zainal Abidin mengatakan Gebyar Kirab Maulidan Jawiyan ini merupakan upaya untuk melestarikan tradisi Maulidan Jawiyan yang sudah menjadi kebanggaan masyarakat. Pihaknya berharap kegiatan Gebyar ini mampu menopang kesuksesan Padurenan sebagai rintisan desa Wisata.

“Kami mensuport acara ini, kami upayakan menjadi agenda tahunan. Pemdes telah menganggarkan dana dari APBDes sebagai stimulus,”tandasnya.

Dalam acara yang mendapat dukungan Pengurus Masjid Asy-Syarief 1&2, Karima, Jamiyah Maulidan Jawiyan ini, masyarakat yang ingin melihat Festival Terbang Papat bisa datang ke Balai Desa Padurenan di hari Rabu (5/12/2018) pukul 19.30 WIB . Sementara Kirab Budaya hari Kamis (6/12/2018) pukul 13.30 WIB statr Terminal Padurenan – Finish Balai desa. (adb/ros)


Comments