Ribuan Pelajar NU Deklarasikan Dukungan KHR. Asnawi Jadi Pahlawan Nasional

0
537
Peserta apel. harlah IPNU-IPPNU di Alun-alun Kudus

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Ribuan pelajar Nahdlatul Ulama (NU) Kudus mendeklarasikan dukungan atas pengusulan KHR. Asnawi menjadi pahlawan nasional.

Mereka menyampaikan hal itu dalam apel hari lahir (harlah) ke-70 Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan ke-69 Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU)  di Alun-alun Kudus, Sabru (2/3/2024) kemarin.

“Kami pelajar NU mendukung penuh pemerintah  kabupaten Kudus dalam mengusung KHR. Asnawi sebagai pahlawan nasional, “tandas mereka dalam deklarasi yang dibacakan pengurus IPPNU Kudus Mardiyatul chusniah.

Di hadapan Pj Bupati Kudus HM. Hasan Chabibie selalu pembina apel harlah, mereka juga menyatakan akan menunjukkan sikap keteladanan yang diajarkan oleh pahlawan dan ulama  terkhusus KHR. Asnawi.

Selain itu, pelajar yang tergabung IPNU-IPPNU Kudus ini juga menegaskan menolak Bullying, miras, narkoba, dan kekerasan Seksual di lingkungan sekolah. Mereka akan menggalakan kampanye stop bullying miras narkoba dan kekeraan seksual di lingkungan sekolah dan masyarakat.

“Kami pelajar NU mendukung aparat penegak hukum dalam upaya pencegahan dan pemberantasa atas penyalahgunaan narkoba di lingkungan sekolah dan masyarakat.” tandasnya.

Kegiatan apel ini dalam rangka peringatan harlah ke-70 IPNU dan ke-69 IPPNU yang diikuti pelajar NU dari berbagai madrasah di bawah naungan LP Ma’arif Kudus, delegasi Pimpinan Ranting/komisariat (PR/PK), PAC dan PC.

“Pelajar di seluruh Kabupaten Kudus ini sangat antusias dalam mengikuti apel, karena mereka bisa merasakan kegiatan yang tidak hanya rapat saja melainkan kegiatan di luar sekolah dan desa”ujar Sekertaris Umum PC IPPNU Kudus. Wahida kepada suaranahdliyin.com.

Wahida menjelaskan peringatan harlah ini dimulai pada tanggal 24 Februari 2024 dengan istighosah serentak di sekertariat masing-masing dan Kamis (29/2/2024) ziarah muasis ketua IPNU pertama KH. Ma’sum Rosidi di Jekulo (1954-1962), kedua ketua IPPNU HJ. Kustiah di Ploso (1955-1962).

“Sehari sebelum apel kami juga berziarah ke makam Sunan Kudus dilanjutkan ke makam Raden Asnawi Kudus”terangnya.(choirudin, adb/ros)

Comments