Ruwahan Massal, PR NU dan Banom Adakan Haul Cikal Bakal Desa Ngemplak Undaan

0
777
Haul cikal bakal desa Ngemplak Undaan

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Selama dua hari Jum’at (1-2/3/2024), Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) desa Ngemplak Undaan bersama badan otonom mengadakan haul Cikal Bakal dan Ruwahan Massal di Serambi Masjid Besar At Taqwa, Ngemplak Undaan Kudus. Hari pertama kegiatan diisi kirim do’a ahli kubur masyarakat Ngemplak dan khatmil Qur’an.

Ketua PR NU Ngemplak kyai Ali Rosyidi mengatakan sebagai warga NU hal paling mendasar yang harus dilakukan anak adalah ingat kepada orang tua dan para pendahulu terutama cikal bakal Desa Ngemplak Syekh Abdurrohman Bin Abdul Jalil yang saat ini diperingati haul ke-16.

“Kenapa sekarang baru yang ke-16?. Karena kita semua tidak tahu secara pasti wafatnya Syekh Abdurrohman. Para ulama NU berinisiatif memeringati haul beliau mulai tahun 2009 lantaran sebagian ulama mendapatkan firasat serta petunjuk sosok Cikal Bakal Desa Ngemplak,”ungkapnya.

“Kegiatan ini sebagai bentuk penghormatan kita sebagai anak yang ingat akan jasa orang tua”sambung Kiai Ali Rosyidi.
Pada hari kedua Sabtu malam, puncak acara dengan Khatmil Qur’an bin nadhor sebanyak dua khataman.Hadroh dibacakan  kiai Afifurrohman Al Hafidh, khatmil Quran dipimpin kiai Afif Fahroni al Hafidh dan Doa Khatmil Qur’an K.H. Subhan Al Hafidh.

Rais Syuriah Kiai Fadlan Minallah menegaskan kegiatan seperti ini harus selalu diadakan dan jangan dihilangkan.”Sebab, mengingat kegiatan ini dahulu berawal dari riyadhoh dan tirakat para ulama dan kiai yg tidak mudah dan asal-asalan,”ujarnya.

Menurut Kiai Fadlan, mbah Abdurrohman bin abdul jalil serta para orang tua dan ahli kubur  pasti senang menerima kiriman doa. Terlebih lagi, khataman Al-Qur’an yang barokahnya sangat luar biasa, “

“Dengan kebiasaan senang kirim doa kepada orang tua, sampai ke atas kepada Rosulullah, kita yakin barokah akan kita dapatkan baik untuk diri kita dan seluruh keluarga kita,”tegasnya.

Kegiatan haul ini diikuti pengurus NU,Muslimat, Fatayat, Ansor dan IPNU IPPNU serta warga NU Ngemplak.(ely f/adb)

Comments