Harlah ke-68 IPNU dan 67 IPPNU
Puluhan Kader Ziarahi Makam Tokoh IPNU-IPPNU Kudus

0
475
KH. Yusrun Nafi’ membersamai kader IPNU-IPPNU Kudus ziarah ke makam KH. Ma’hum Rosyidi (ayahnya) di Jekulo kauman Kudus

KUDUS,Suaranahdliyin.com –  Sebagai rangkaian peringatan hari lahir (harlah) ke-68 IPNU dan ke-67 IPPNU, puluhan pengurus – kader melaksanakan ziarah ke dua makam tokoh pendiri IPNU-IPPPNU Kudus  Kamis (24/2/2022). Dua tempat yang diziarahi yakni makam Hj. Kustiyah (ketua pertma IPPNU ) di Ploso Jati dan  KH.Ma’shum Rosyidie (ketua IPNU pertama) di Jekulo Kauman.

Saat di makam Jekulo Kauman, mereka disambut KH.M. Agus Yusrun Nafi (putra KH Ma’shum) yang turut membersamai tahlilan dan doa bersama. Usai ziarah, mereka silaturahim ke pondok pesantern Sirajul Hannan Jekulo kauman yang didirikan KH. Ma’shum Rosyidie.

BACA JUGA : IPNU Kudus Ajak Pelajar Manfaatkan Tehnologi Digital untuk Kemandirian

Menurut ketua PC IPNU Kudus M. Felik Afifuddin, momentum ziarah merupakan kegiatan Rutin setiap perayaan Harlah IPNU- IPPNU yang bertujuan untuk mengenang jasa KH.Ma’shum sebagai pendiri dan ketua pertama. Selain itu, bertujuan juga untuk menjaga silaturahim dengan keluarga-keluarga pendiri IPNU-IPPNU Kudus,

“Ini sebagai wujud rasa syukur kita sebagai putra dan putri ideologis KH Ma’shum Rasyidi dan ibu Hj Kustiyah di IPNU IPPNU,”ujarnya.

KHM. Agus Yusrun Nafi mengapresiasi pelaksanaan ziarah kepada muassis atau ketua pertama IPNU-IPPNU kudus. Menurutnya, ziarah semacam ini bagian napak tilas sejarah yang bagus dan tidak sekadar rutinitas.

“Ziarah seperti ini mampu menggugah semangat dalam mengabdi di jamiyah NU agar semakin lebih baik lagi di masa berikutnya.”ujar M Agus Yusrun Nafi’

KH Agus menegaskan kader muda perlu meneladani perjuangan KH Ma’shum. Dituturkan, KH.Ma’shum adalah sosok yang penuh ikhlas, sungguh-sungguh, ulet dan telili dalam mengabdi maupun menggerakkan ormas NU.

“Dari situlah, eksistensi IPNU bisa bertambah baik, bermanfaat dan berkah sampai saat ini dan insyaallah untuk seterusnya.”tandasnya.(adb/ros)

Comments