Menjaga Eksistensi Bahasa dan Sastra Lereng Muria

0
88

Kudus, Suaranahdliyin.com – Sebagai bentuk memperingati bulan bahasa yang jatuh pada Oktober ini, Pustaka Jalanan dan beberapa komunitas yang ada di Kudus akan mengadakan Festival Bulan Bahasa Kretek 2018. Acara tersebut diadakan pada tanggal 25 – 27 bulan ini. Menurut Elang, Panitia Festival menjelaskan bahwa kecenderungan kaum muda terhadap bahasa masih sangat minim.

Bahasa – bahasa yang sudah ditetapkan oleh balai bahasa pun kurang mereka respon. Padahal dengan adanya gawai yang hampir dipunyai setiap individu kecepatan akses sangat mendukung. “Seharusnya kesempatan seperti itu dapat dimaksimalkan kaum milenial, tapi sekarang masih sangat jarang”, jelasnya.

Elang juga menambahkan kecenderungan acara bulan bahasa biasanya hanya terbatas bagi kaum akademis yang berada dilingkup kampus. Dengan diadakan acara ini panitia berharap Festival Bulan Bahasa ini dapat diterima berbagai lapisan masyarakat. “Karena itulah kami memilih tempat di Desa Besito”, pungkasnya.

Acara yang akan diadakan di Eks-polsek Besito Kecamatan Gebog ini turut menghadirkan Mukti Sutarman SP, Jumari HS, Rhy Husaini dan teater teater pelajar. Adapula disediakan panggung pentas bagi pengunjung yang ingin menampilkan karyanya. Juga hadirnya berbagai bazzar, menambah keseruan akan acara tersebut.(Mail/Rls)

Comments