Kirab Budaya Haul Nyai Ageng Ngerang di Tambakromo

0
904
Gunungan dalam kirab Nyai Ageng Ngerang di Tambakromo

PATI, Suaranahdliyin.com  – Dalam rangka peringatan haul Nyai Ageng Ngerang, warga Dukuh Ngerang, Desa/ Kecamatan Tambakromo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah menggelar Kirab Budaya yang menjadi tradisi rutin setiap tahun. Kegiatan budaya ini dilaksanakan pada 1 Muharram (Jawa: Sura) yang bertepatan pada Rabu (19/7/2023) kemarin.

Kirab yang berlangsung meriah ini merupakan bentuk penghormatan masyarakat setempat terhadap Nyai Ageng Ngerang, seorang tokoh spiritual yang berjasa dalam menyebarkan agama Islam di wilayah Pati, khususnya di Dukuh Ngerang.

Ketua panitia, Warsono, menjelaskan, tahun ini kirab budaya diikuti kurang lebih dari 500 peserta dari RW III dan RW IV. “Kirab melewati jalan-jalan utama desa, mulai dari balai Desa Tambakromo sampai Makam Nyai Ageng Ngerang,” katanya.

Masyarakat pun menyambut antusias dan gembira terhadap adanya kirab ini, yang diwarnai pula dengan nasi tumpeng, gunungan dan peserta kirab yang mengenakan baju daerah. Selain itu, kirab dimeriahkan pula dengan penampilan manching band dari TK sampai Madrasah Aliyah Tambakromo, juga manching band dari AMNI Semarang.

Penampilan marching band dari AMNI Semarang

“Kirab ini wujud penghormatan masyarakat terhadap leluhur, sekaligus sebagai upaya melestarikan tradisi,” ujar Warsono, menambahkan. (Mohammad Fahtur Rohman, mahasiswa PPL Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Kudus)

Comments