Kader IPPNU Asal Desa Blimbing Kidul Jadi Duta Pepelingasih

0
1119
Risma Anggira membawa penghargaan yang diraih

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Risma Anggira, kader Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Desa Blimbing Kidul, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus patut bersyukur, karena berhasil terpilih menjadi duta “Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih” (Pepelingasih)  2023. Ia terpilih sebagai Terbaik IV tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Menurut mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas Muria Kudus (UMK) itu, Pepelingasih merupakan program yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, dalam bentuk pemberdayaan pemuda Indonesia agar memiliki peran dan kontribusi penting dalam memperbaiki kondisi lingkungan, khususnya dalam hal penanganan sampah yang menjadi persoalan di suatu daerah.

“Duta Pepelingasih Provinsi Jawa Tengah Tahun 2023 ini di bawah naungan Disporapar Jateng. Proses seleksinya ada dua tahap, yakni online (administrasi, aksi nyata (aksi dengan video dan laporan paper) dan wawancara. Selanjutnya, yakni grand final secara offline yang dilangsungkan di Pati Hotel pada 28 – 30 Agustus kemarin,” katanya.

Risma yang kini tercatat sebagai Pengurus Rayon PMII Ki Hadjar Dewantara (2021-sekarang) ini mengutarakan, grand final ada sebanyak 45 finalis se-Jawa Tengah. “Setelah diumumkan 10 terbaik, ada seleksi speech secara mendadak. Di tahap ini, finalis diminta mengambil gulungan kertas kecil. Di kertas itu tertera judul untuk speech, untuk dipresentasikan dalam waktu satu menit,” ujarnya.

Dari situ, lanjut Risma, kemudian dipilih lima terbaik. “Alhamdulillah, saya mendapatkan apresiasi Duta Pepelingasih Terbaik IV Provinsi Jawa Tengah 2023, yang insyaAllah akan berkesempatan maju ke tingkat nasional. Namun untuk ke tingkat nasional, masih menunggu konfirmasi,” terangnya.

Dia mengemukakan, selain lima terpilih, ada juga apresiasi untuk kategori favorit, persahabatan, video terbaik, best kostum dan lainnya. (rls/ bah, ros, rid, adb, luh)

Comments