Tingkatkan Kemampuan Baca Kitab Kuning Siswa dengan Lomba

0
1099
Salah satu peserta sedang membaca kitab kuning dalam lomba.

PATI, Suaranahdliyin.com – Membaca kitab kuning bukan hal mudah. Untuk itu, perlu pembinaan sejak dini, termasuk melalui bangku pendidikan formal di sekolah-sekolah atau madrasah.

Dalam rangka meningkatkan kompetensi peserta didik (siswa) dalam membaca kitab kuning (qiraatil kutub), MTs. Manahijul Huda Ngagel, Dukuhseti, Pati menyelenggarakan class meeting cabang baca kitab kuning. Kegiatan yang dilangsungkan di halaman madrasah, ini diikuti oleh 16 peserta, Senin (15/1/ 2018).

Sahrozi, salah satu juri, menyampaikan, dua bulan sebelum pelaksanaan, masing-masing peserta lomba sudah diberikan ketentuan menghafal empat bab (fasal) yang akan dibacakan.

riteria penilaian lomba, mulai dari kemampuan membaca dan memaknai, menjelaskan hingga menjawab pertanyaan dari dewan juri berkaitan dengan kalimat, i’rob, dan tarkibnya. “Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, apalagi antusiasme peserta cukup bagus,’’ katanya.

Sementara itu, keluar sebagai juara I dalam lomba baca kitab kuning ini Pangestu Arya Wijaya (IX-A), juara II Rizka Natasya Fitriani (IX-E) dan dan juara III diraih Izza Anisatul Muna (IX-F). (vina lavicans, ella lailaa/ ros)

Comments