Tiga Keuntungan Berziarah di Makam Mbah Bekel

0
234
Hj Umi Rohanah menggunting pita sebagai tanda pembukaan program “Yuk Ziarah & Wisata Kuliner”

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Pengurus Makam Raden Abdus Salam (Mbah Bekel), tak henti-henti menuangkan ide cemerlang. Baru beberapa bulan terakhir, bangunan makam Raden Abdus Salam yang berlokasi di Jetak Kedungdowo (2/4) Kaliwungu, Kudus disulap menjadi bangunan yang megah.

Dan pada Selasa (28/9/2021) kemarin, pihak pengurus membuat gagasan yang mampu mencuri perhatian masyarakat luas. Yakni membuat gagasan yang dikemas dalam program “Yuk Ziarah & Wisata Kuliner”.

Grand opening “Yuk Ziarah & Wisata Kuliner” dilakukan oleh Hj Umi Rohanah, kepala Desa Kedungdowo, ditandai dengan melakukan pengguntingan pita, disaksikan oleh pengurus makam dan tokoh masyarakat.

Hj Umi Rohanah, pun mendukung penuh program tersebut, terlebih semangatnya adalah membangkitkan untuk berziarah, khususnya makam waliyullah. “Datang saja dapat berkah. Di samping itu, dari sisi ekonomi, juga akan meningkat, khususnya warga sekitar makam,” tuturnya.

Roffi, salah satu peziarah, mengapresiasi adanya program “Yuk Ziarah & Wisata Kuliner” ini. “Ziarah wali ini sebagai sarana wasilah, dengan harapan doa-doa kita cepat dikabulkan oleh Allah,” katanya. “Kini bahkan ada wisata kulinernya, sehingga lebih menarik,” lanjutnya.

Sukamah, salah satu pedagang, senang bisa meramaikan wisata kuliner di area makam Mbah Bekel. Di sana, dia berjualan lontong pecel. “Alhamdulillah, dagangan laku cepat,” katanya senang.

H Subhan Makmun, ketua pengurus makam Raden Abdus Salam, mengutarakan, program “Yuk Ziarah & Wisata Kuliner” akan digelar selapanan, tepatnya setiap Selasa Pahing, sedari sore hingga malam.

Kiai Zainuri, salah satu dewan pembina pengurus makam, menuturkan, orang menziarahi makam waliyyullah, akan menemukan beberapa keuntungan. “Soal ada nilai ibadah, itu jelas. Tapi para peziarah di makam Raden Abdus Salam akan mendapatkan tiga keuntungan, yaitu berkah dari waliyullah Raden Abdus Salam (Mbah Bekel), pikiran fresh, dan badan sehat,” katanya sembari tersenyum. (zain/ ros, adb, luh)

Comments