Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Apresiasi Inovasi Petani Milenial Besito Kudus

0
252
Drs. Fathan Subchi meninjau lokasi Hidroponik Melon Korea, Sabtu (20/02/21)

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Drs. H. Fathan Subchi mengapresiasi langkah inovasi pertanian yang dilakukan oleh perkumpulan petani milenial Desa Besito. Apresiasi tersebut disampaikannya saat ia mengunjungi lokasi Hidroponik Melon Korea di Besito Kauman, Gebog, Kudus, Sabtu (20/02/21).

Hadir pula pada kesempatan itu, Ketua DPC PKB Kabupaten Kudus Mukhasiron, Ketua DPC Gerbang Tani Kabupaten Kudus Muh. Safi’i dan para anggota Kelompok Tani Besito.

Menurut Fathan inovasi seperti ini diperlukan dalam skup yang lebih luas. Dengan begitu akan semakin banyak generasi milenial yang berminat untuk menjadi petani. “Ini selaras dengan program pemerintah yang saat ini sedang mencoba untuk menarik minat generasi muda agar mau jadi petani dan sejahtera melalui jalur pertanian,” kata dia.

Pada kesempatan itu, ia juga menanggapi persoalan pertanian kekinian tentang subsidi pupuk dan politik pertanian. Menurutnya, pemerintah harus lebih jeli dalam mengurai masalah-masalah tersebut. Termasuk dalam hal regulasi dan dukungan terhadap inovasi yang dilakukan generasi milenial.

“Kalau masalah-masalah itu tidak segera diselesaikan ya akan sulit bagi generasi milenial untuk tertarik menjadi petani seperti di negara maju,” imbuh dia.

Sementara itu, Ketua DPC Gerbang Tani Kabupaten Kudus Muh. Safi’i menyatakan akan terus mengawal dan mengadvokasi mereka. Utamanya dalam mengatasi persoalan dunia pertanian yang mereka hadapi. Tidak hanya itu, Gerbang Tani juga akan menjembatani para petani milenial dalam mengakses pemodalan dan fasilitas lainnya.

“Pada intinya kita akan dukung terus, kita bina dalam wadah Gerbang Tani dan Fathan Center agar petani milenial ini bisa tumbuh dan berkembang,” kata Safi’i. (rls/rid)

Comments