Pemuda Margoyoso
Semarakkan Malam Idulfitri dengan Takbir Keliling

0
115
Warga antusias mengikuti takbir keliling

JEPARA, Suaranhadliyin.com – Remaja Masjid Al Falah Desa Margoyoso, Kecamatan Kalinyamatan, Jepara bekerja sama dengan PR GP Ansor dan IPNU – IPPNU menyemarakkan malam Idulfitri 1443 H lalu dengan menggelar takbir keliling, yang dipusatkan di halaman masjid.

Takbir kelilinh yang diikuti oleh RT se Desa Margoyoso, itu dilaksanakan mengelilingi jalan desa yakni jalan Kauman I, II, dan III.

Ketua takmir Masjid Al Falah, H Abdul Wachid, mengatakan, kegiatan diselenggarakan dalam menyemarakkan Idulfitri 1443 H. “Ini diselenggarakan bersamaan malam terakhir Ramadan,” katanya.

Kegiatan inipun disambut antusias warga. “Dua tahun sudah kita terbelenggu oleh wabah covid. Tahun ini sudah mulai ada kelonggaran. Sehingga tadi saya perjalanan dari Pati, Kudus, Jepara jalanan macet lantaran hiruk pikuk takbiran,” ungkapnya.

Untuk itu, ia berterima kasih kepada Muspika Kalinyamatan yang mendukung sehingga acara berjalan dengan lancar.

Abdul Wachid yang juga anggota DPR RI itu berkeinginan dengan suksesnya acara tahun depan rencananya akan digelar dengan skala besar dan meriah.

Lewat kegiatan ini pihaknya bertekad memberdayakan anak muda. “Karena anak muda merupakan penerus yang akan datang. Mereka yang kelak akan berperan dan yang akan menggantikan kami-kami ini,” ujarnya.

Perwakilan dewan juri, Den Hasan, mengemukakan, takbir keliling itu ada attitute dan etika yang harus dijaga. “Misalnya karena acaranya takbiran, maka yang dikumandangkan juga takbir, bukan lagu-lagu lain. Pun dengan kostum yang digunakan, ya harus sesuai dengan acaranya, berbusana muslim,” paparnya.

Panitia foto bersama usai acaraDi samping itu, Hasan yang juga pengurus DKD Jepara menambahkan, peserta dalam mengikuti sebuah perlombaan harus mengikuti peraturan dari panitia. “Sesuai kesepakatan, peserta tidak boleh minta bantuan masyarakat luar. Jika dilanggar, juri berhak untuk mengurangi point,” ungkapnya.

Adapun juara I diraih RT 07 RW III, juara II RT 05 RW II, dan juara III RT 01 RW I. Untuk juara harapan I RT 02 RW III, juara harapan II RT 08 RW III, dan juara harapan III RT 07 RW II. Pemenang takbir keliling memeroleh piala, dan uang pembinaan dari panitia. (sm/ adb, ros)

Comments