Terkait Ranperda Pesantren
RMI Audiensi dengan DPRD

0
345
RMI dan beberapa elemen lain melakukan audiensi dengan DPRD Kabupaten Jepara terkait Ranperda Pesantren

JEPARA, Suaranahdliyin.com – Rabu (7/10/2020) siang kemarin, Rabhithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) Nahdlatul Ulama (NU) Cabang Jepara melakukan audiensi dengan pihak DPRD Kabupaten Jepara terkait Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Inisiatif tentang Pesantren.

Rombongan RMI NU dipimpin oleh Kiai Rosif. Hadir pula H. Hisyam Zamroni (Wakil Ketua PCNU), Kiai Mastur (perwakilan LP Ma’arif NU) dan Nyai Hj. Afifah Ahmad (JP3M). Mereka diterima oleh Junarso (Plt Ketua DPRD Jepara), KH. Nuruddin Amin atau Gus Nung (Wakil Ketua DPRD Jepara) dan Hajar (Bapemperda).

Junaedi merespons positif audiensi ini. Dia menilai Ranperda Pesantren ini bak gayung bersambut, karena sudah ada Undang – Undang (UU) Pesantren.

“Tinggal menunggu PP Pesantren diketok.
Apalagi DPRD Jepara banyak kiai dan Gus, sehingga tentu sangat familiar dan bersentuhan langsung dengan pesantren,” ujarnya.

Gus Nung, menyampaikan, bahwa isulan RMI tentang Perda Pesantren ini sejalan dengan amanat UU. Dikatakannya, implementasi UU juga mengharuskan adanya konstribusi pemerintah daerah. Maka keberadaan Perda itu juga dalam rangka menjalankan amanat UU.

“Dengan adanya Perda Pesantren di Kabupaten Jepara, maka keberadaan pesantren di Jepara akan semakin mendapat pengakuan secara yuridis dalam berkontribusi di berbagai bidang, khususnya pendidikan, pengabdian masyarakat dan juga dakwah,” tuturnya.

Hajar juga mengpresiasi adanya usulan Perda Pesantren dari kalangan pesantren, yang akan menambah data Perda inisiatif di DPRD Kabupaten Jepara, yang hingga tahun 2020 ini, terbilang masih minim.

“Ranperda yang dibahas masih didominasi oleh usulan eksekutif. Dari 15 usulan Ranperda, hanya satu Ranperda inisiatif dan 14 lainnya adalah usulan eksekutif. Karenanya, Bapemperda menyambut baik permohonan untuk memasukkan Raperda Pesantren dalam Ranperda inisiatif 2021, sambil menunggu PP Pesantren turun,” katanya. (ella/ adb, ros, rid)

Comments