R KH Muhammad Ismael Al-Kholilie: Bahasa Arab Relevan di Era Apapun

0
178
Seminar kebahasaan di IAIN Kudus, kemarin

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Dalam rangka Festival Bahasa 2022, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Al-Izzah IAIN Kudus, berkolaborasi dengan UKM STEC, menyelenggarakan seminar kebahasaan bertajuk “Implementasi Retorika Bahasa Internasional menuju era 5.0”. seminar dilangsungkan di Lantai IV Gedung Perpustakaan IAIN Kudus, Senin (19/9/2022) kemarin.

R KH Muhammad Ismael Al-Kholilie, salah satu narasumber, menilai, Bahasa Arab selalu relevan di era apapun. Untuk memahami firman Allah, al-Quran diturunkan bukan hanya untuk dibaca dan dihafal, tetapi fungsi utamanya adalah sebagai petunjuk bagi mereka yang bertakwa.

“Bahasa Arab relevan di era apapun. Bahasa Arab itu bahasa kuna yang sangat unik, dan keunikannya tidak dimiliki oleh bahasa lain,” katanya.

Ditambahkannya, Bahasa Arab adalah bahasa yang indah dan kitab terbaik yang diturunkan dalam bahasa terbaik yaitu al-Quran. “Bahasa Arab sangat penting, bukan hanya diperlukan ketika umroh dan haji semata,” paparnya.

Selain itu, untuk memahami Bahasa Arab dengan baik, perlu ilmu lain, di antaranya ilmu nahwu dan sharaf. “Kalau ingin bisa fokus (paham) Bahas Arab, harus menguatkan (menguasai) nahwu dan sharaf,” tegasnya.

Secara umum, R KH Muhammad Ismael Al-Kholilie, mendorong para generasi muda untuk belajar bahasa asing, tak terkecuali Bahasa Arab. “Menguasai bahasa asing sangat penting. Rasulullah sendiri, menyuruh Sahabat untuk belajar bahasa asing,” ungkapnya. (tias/ ros, syim, adb)

Comments