Pj Bupati Kudus Dampingi Sekda Jateng Salurkan Bantuan DBHCHT Puluhan Ribu Pekerja

0
173
Pj Bupati Kudus mendampingi Sekda Jateng saat memberikan keterangan kepada awak media

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Pj Bupati Kudus, M Hasan Chabibie mendapingi Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Tengah, Sumarno, menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT).

Puluhan ribu pekerja sektor Industri Hasil Tembakau (IHT) di Kabupaten Kudus, tepatnya 32 ribu pekerja pabrik rokok, mendapatkan BLT tersebut.

Penyerahan BLT dilakukan secara simbolis oleh Sekda Jawa Tengah, Sumarno kepada perwakilan buruh rokok PT Djarum di Kabupaten Kudus pada Kamis (20/6/2024).

Disampaikannya, penyaluran bantuan tersebut sebagai upaya pemerintah provinsi dan kabupaten untuk meningkatkan kesejahterran masyarakat. Besaran bantuan yaitu sebesar Rp 600 ribu.

“DBHCHT ini juga merupakan upaya kita untuk penanganan kesejahteraan masyarakat. Mudah-mudahan dengan dana cukai,  pengentasan kemiskinan bisa kita akselerasi,” ujar Sumarno didampingi M Hasan Chabibie.

Menurut Sumarno, Pemprov Jateng selama ini memprioritaskan untuk penanganan kesehatan. Utamanya terkait pembayaran BPJS Kesehatan, serta pengadaan sarana prasarana kesehatan di puskesmas dan rumah sakit.

Sedang kepala Dinas Sosial Jawa Tengah, Imam Maskur, menyampaikan, total penerima BLT DBHCHT di Jateng sebanyak 78 ribu pekerja. “32 ribu di antaranya merupakan karyawan pabrik rokok yang di Kabupaten Kudus,” terangnya. (rls/ ros, adb, gie, mail)

Comments