Pesantren Ramadan, MI Sirojut Tholibin Brebes Tanamkan Karakter Pembiasaan Ibadah

0
316
Peserta didik menikmati buka bersama dalam Pesantren Ramadan

BREBES, Suaranahdliyin.com – Madrasah Ibtidaiyah (MI) MI Sirojut Tholibin Rengaspendawa kecamatan Larangan Brebes mengadakan kegiatan Pesantren Ramadan, Sabtu, (23/3/2024). Bertempat di aula madrasah, Pesantren Ramadan diisi pendalaman materi keagamaan dan buka puasa bersama.

Kepala MI Sirojut Tholibin, Akhmad Sururi menyatakan bahwa kegiatan Pesantren Ramadan menjadi program rutin tahunan yang sudah diselenggarakan sejak tahun 2022.

“Program ini menjadi amanat dari surat edaran dari Menteri Agama RI terkait dengan peningkatan kegiatan keagamaan saat bulan Ramadan,”kata Akhmad Sururi.

Sekretaris MWCNU Wanasari memaparkan beberapa jenis kegiatan dalam Pesantren Ramadan yang diikuti para siswa siswi MI. Dimulai dari pembukaan, tadarus bersama, materi keagamaan yang meliputi aqidah dan praktek ibadah, salat taraweh bersama dan salat subuh berjamaah di masjid Jami Al Falah dan tartil Qur’an.

“Jenis kegiatan tersebut akan dilaksanakan secara estafet yang dimulai Sabtu (22/3/2024) ini”, papar Akhmad Sururi.

Sururi menambahkan pentingnya pembelajaran pembiasan ibadah untuk peserta didik khususnya di MI. Dikatakan, pembiasan beribadah termasuk sholat lima waktu berjamaah sangat bermanfaat untuk anak anak.

“Kebiasaan itulah yang akhirnya akan menjadi karakter peserta didik dalam berbuat baik,”tandasnya.

Pesantren Ramadlan di MI Sirojut Tholibin yang diselenggarakan hingga Ahad (24/3/2024) kemarin ini menghadirkan tutor pembimbing dari santri Pondok Pesantren Mubtadiat Lirboyo Kediri.  Sebanyak 8 santri senior membimbing para peserta sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.(adb/ros)

Comments