Pesantren Al Mawaddah Raih Penghargaan dalam FESyar BI

0
237

SEMARANG, Suaranahdliyin.com – Kegiatan tahunan Festival Ekonomi Syariah (FESyar) yang digelar Bank Indonesia (BI) Jawa Tengah, tahun 2020 ini kembali digelar. Penganugerahan dilaksanakan secara virtual, menghadirkan H Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah), Soekowardojo (Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah) dan Habib Umar Al Muthohar (tokoh agama).

Untuk pemenang kategori kewirausahaan pondok pesantren, juara I berhasil diraih oleh Pondok Pesantren Entrepreneur Al Mawaddah Kudus.

Al-Mawaddah adalah pondok pesantren yang didirikan oleh pasangan H. Sofiyan Hadi Lc. MA. dan Hj. Khadijah, yang fokus pada pencapaian tiga kompetensi, yakni Sspiritual, leadership dan entrepreneurship.

“Semua mahasiswa yang nyantri di sini mengikuti program tahfidz dan harus mandiri. Tidak boleh menerima kiriman uang dari orang tua,” terang Hj. Khadijah.

Dalam perjalanannya, pondok ini mengembangkan beberapa unit usaha untuk menunjang kemandirian santri dan pesantren. Mulai dari wisata edukasi, training center, tour and travel, jaringan toko ritel, agro industri hingga balai latihan kerja.

Pada masa pandemi ini, H. Sofiyan Hadi mengakui omset dari kegiatan usaha pesantrennya, mengalami penurunan. “Namun tetap harus produktif. Meski beberapa usaha seperti eduwisata dan umroh berhenti, unit usaha lain tetap jalan. Yaitu online shop, seminar online dan sektor pertanian,” terangnya.

H. Ganjar Pranowo menyampaikan, selain telah memasuki dunia pertanian, kuliner, perdagangan, dan sektor pariwisata, ekonomi syariah di Jawa Tengah diperkuat dengan Ekonomi Syariah berbasis Pondok Pesantren. (*)

Berikut para juara 4 kategori FESya 2020:

Beberapa santri dan pengasuh foto di salah satu sudut kompleks pesantren

Kategori Kewirausahaan Pondok Pesantren

Juara I: Pesantren Entrepreneur Al Mawaddah (Kudus)
Juara II: Pondok Pesantren Askhabul Kahfi (Kota semarang)
Juara III: Pondok Pesantren Tahfidz Anak Darul Musthofa (Kabupaten Demak)

KategoriZISWAF Unggulan

Juara I: Dompet Dhuafa Jawa Tengah
Juara II: Laznas Yatim Mandiri Kota semarang
Juara III: Lazis Sultan Agung (Kota Semarang)

Kategori Wirausaha Muda Syariah

Juara I: Satria Pinandita (Kota Semarang)
Juara II: Agro Lestari Merbabu (Kabupaten Magelang)
Juara III: Tri Buana Desy Ariyanti (Kabupaten Magelang)

Kategori Kesenian Tari Daerah IslamiJuara I: Sanggar Satria (Wonosobo)
Juara II: Kuntulan (Magelang)
Juara III: Sanggar Sekar MS (Kendal)

Comments