Menziarahi Makam Syaikh Hasan Syadzali

0
211

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Bagi para peziarah makam auliya, khususnya Walisongo, tentu tidak asing dengan Kanjeng Sunan Kudus dan Kanjeng Sunan Muria.

Namun perlu diketahui, bahwa makam para wali (auliya) di Kabupaten Kudus yang menjadi tujuan ziarah umat Islam, tidak hanya makam dua anggota Walisongo tersebut. Tetapi masih banyak lagi yang lain.

Salah satu makam wali di Kudus yang juga sering diziarahi, yaitu makam Syaikh Hasan Syadzali di Desa Japan, Kecamatan Dawe, Kudus. Setiap hari, bisa dipastikan selalu saja ada peziarah yang datang, baik dari Kudus maupun peziarah dari luar daerah.

Untuk mencapai lokasi makam Syaikh Hasan Syadzali, memang membutuhkan perjuangan ekstra, karena lokasinya di atas pegunungan dengan jalur yang cukup tinggi dan curam. Anda bisa naik motor sendiri, menggunakan jasa ojek, atau jalan kaki.

Namun perjuangan mencapai lokasi makam Syaikh Hasan Syadzali akan terbayar, karena Anda bisa menikmati suasana indah nan hijau selama perjalanan. Termasuk melihat hamparan pohon kopi di sepanjang perjalanan. (ros/ adb, rid, mail)

Comments