Menziarahi Makam Habib Thaha Depok

0
387
Makam Habib Thaha bin Muhammad Qadli bin Yahya di Depok, Kota Semarang

SEMARANG, Suaranahdliyin.com – Jika belum banyak masyarakat yang mengetahui keberadaan makam Habib Thaha bin Muhammad Qadli bin Yahya di Semarang, itu bisa dipahami.

Pasalnya, makam tokoh besar Semarang yang makamnya tepat berada di Jalan Depok Kelurahan Kembangsari, Kecamatan Kota Semarang, ini memang baru dibuka pada 2018 lalu.

“Pembukaan makam ini pada 2018 oleh Maulana Habib Luthfi bin Yahya. Dulu dihadiri pula oleh Walikota Semarang, Pak Hendi (Hendrar Prihadi, red),” terang Khairul Umam, penjaga makam Habib Thaha, Senin (30/5/2022).

Khairul Umam, menyampaikan, kendati sudah dibuka sejak 2018, namun haul Habib Thaha bin Muhammad Qadli bin Yahya yang diikuti masyarakat umum, baru digelar sekali, yakni pada 16 Syawal 1443 H / 2022 M ini.

“Baru sekali haul yang diikuti masyarakat umum, digelar. Waktu itu dihadiri Maulana Habib Muhammad Luthfi bin Yahya,” terang ketua Pimpinan GP Ansor Tembalang yang juga aktif di Banser sejak 2017 itu.

Terkait peziarah, sudah banyak yang datang dari berbagai kota seperti Kudus, Demak, Cirebon. Bahkan, tokoh karismatik asal Cirebon, Habib Thohir bersama keluarga, menurut Khairul Umam, juga sering berziarah ke sini.

Kru Suara Nahdliyin berbincang dengan Khairul Umam, penjaga makam Habib Thaha bin Muhammad Qadli bin Yahya

“Untuk masyatakat umum, biasanya ramai berziarah pada malam Selasa dan malam Jum’at. Di sini dulu ada ada rutinan Habib Thohir Semarang. Sepeninggal beliau, saat ini juga ada rutinan oleh Santri Ndalan (Sandal) asuhan Gus Huda,” jelasnya sembari menyebut ada sumur yang merupakan peninggalan Habib Thaha. (rid, gie, ros/ adb)

Comments