LESBUMI NU Inginkan Jadi Banom Kembali

0
181
Ketua LESBUMI PBNU KHM. Jadul Maula didampingi pengurus lainnya membacakan hasil Rakornas LESBUMI di Pesantren Kaliopak Yogyakarta ,kemarin

YOGYAKARTA,Suaranahdliyin.com –  Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia (LESBUMI) PBNU mengadakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) di Pesantren Kaliopak Yogyakarta, Kamis-Jum’at (28-29/10/2020). Salah satu poin yang dihasilkan, LESBUMI menginginkan menjadi badan otonom (banom) NU kembali sebagaimana awal didirikan.

“Keinginan ini merupakan aspirasi kuat yang berasal dari anak ranting, ranting dan cabang hingga wilayah. Kami semua membutuhkan garis koordinasi, instruksi dan komunikasi yang lebih efektif dan efisien,”ujar ketua LESBUMI PBNU KH. M. Jadul Maula saat membacakan hasil keputusan Rakornas.

Sebagai lembaga otonom, lanjut KH.Jadul, LESBUMI dapat mengatur rumah tangga sendiri, secara kebijaksanaan atau pun secara teknis strategis sesuai kebijaksanaan kebudayaan LESBUMI NU yaitu SAPTAWIKRAMA.

“Semangat kuat dari semua lapisan pengurus Lesbumi, secara teknis Lesbumi juga sudah memenuhi syarat untuk menjadi badan otonom (Banom); yaitu ketersediaan dan penyebaran Lesbumi NU di berbagai daerah di dalam dan luar negeri. Didukung pula anggota LESBUMI NU di setiap tingkatan 70 persen lebih telah mengikuti program Madrasah Kader NU.”terangnya.

Pengasuh Pesantren Kaliopak ini menegaskan Lesbumi NU di berbagai tingkatan telah membuktikan diri secara mandiri dan swadaya dalam melakukan percepatan upgrading perangkat organisasi dan administrasi.

“Karenanya, Rakornas IV Lesbumi merekomendasikan kepada Muktamar 34 untuk mengabulkan LESBUMI kembali menjadi Badan Otonom NU.”tandasnya

“Untuk lebih lengkapnya hasil Rakornas di atas, akan kami deskripsikan untuk menjadi bahasan di dalam komisi organisasi, bahtsul masail maudhuiyyah, dan komisi program kerja pada Muktamar NU 34 di Lampung.,”imbuh KH.Jadul.

Disamping poin keinginan menjadi Banom, Rakornas yang diikuti pengurus Lesbumi Wilayah dan Daerah juga menghasilkan tiga poin penting lainnya. Rencananya, hasil Rakornas akan dikirim kepada panitia Muktamar ke 34 NU supaya bisa menjadi dasar usulan.(adb/ros)

Comments