Kuliah Umum UINSI Kaji Strategi Menciptakan Media Branding Sekolah  

0
468
Dr Abdulloh Hamid menyampaikan paparan

SAMARINDA, Suaranahdliyin.com – Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda, menggelar kuliah umum yang mengkaji “Strategi Menciptakan Media Branding Sekolah/ Madrasah yang Bermutu”.

Kuliah umum yang menghadirkan Dr. Abdulloh Hamid, M.Pd, dosen UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, itu dilangsungkan di Gedung Pascasarjana Jl. KH. Abul Hasan Samarinda, Jum’at (17/03/2023).

Wakil Direktur Pascasarjana, Dr. Khojir MSI, dalam sambutannya, menyampaikan, melalui kuliah umum ini, diharapkan menambah wawasan dan berbagai informasi baru tentang keilmuan yang menjadi nuansa baru bagi mahasiswa pascasarjana.

Sementara narasumber yang didatangkan dari luar kampus, menjadi penanda kolaborasi dan saling mendukung satu sama lain. “Era sekarang sudah saatnya memperkuat kolaborasi, tidak masing-masing dan jalan sendiri-sendiri,” ujarnya.

Selain para mahasiswa, kuliah umum dihadiri antara lain Dr. Hj. Fathul Janah MSI (ketua Prodi PAI), Zakiah Ulfa M.Pd (Sekretaris Prodi HK), A. Rifai Beta M.Ikom (Sekretaris Prodi KPI), pengelola pascasarjana dan bersama dengan ketua prodi MPI Dr. Mohammad Salehudin, M.Pd dan Sekretaris Prodi Misbahul Fuad.

Dr. Abdulloh Hamid M.Pd, dalam paparannya menegaskan perlunya data-data pengguna internet di Indonesia, sebagai data awal agar mampu membaca pihak-pihak yang menjadi sasaran media publikasi, selain data tentang media apa saja yang palinhg popular digunakan usia kurang dari 18 tahun.

“Media publikasi dan branding sekolah, saat ini berubah ke arah digital, sudah tidak bisa dihindari, maka diperlukan setidaknya ada tiga hal yang perlu diperhatikan dan dimiliki, pertama; Digital campaign team, kedua: Digital campaign strategy dan ketiga: Social media management,” katanya.

Disampaikannya, jika memiliki masalah dalam kualitas dan kompetensi SDM, solusinya yaitu menciptakan dan melakukan investasi SDM. “Memang mahal, tapi itu diperlukan, sebagai upaya mengatasi kendala kekurangan SDM,” ungkapnya.

Dalam mengelola dan mempertahankan media publikasi, secara individu maupun media sekolah/madrasah, lanjutnya, diperlukan penguasaan dunia digital, gagasan yang inovatif, serta pentingnya konsistensi, agar media publikasi sekolah dapat menjadi kekuatan branding yang bermutu.

Foto bersama usai kuliah umum

Dr. Mohammad Salehudin M.Pd, ketua Prodi MPI Pascasarjana, mengutarakan, kuliah umum rutin dilaksanakan, sebagai penguatan dan upaya prodi dalam implementasi kegiatan akademik. “Sebenarnya tidak hanya kuliah umum, tetapi ada juga perkuliahan menghadirkan pakar, praktisi, seminar, konferensi, hingga lokakarya yang digelar Prodi MPI. (rls/ ros, rid, adb)

Comments