Kiai Hadziq, Kiai Kampung Sowan Kidul itu Berpulang

0
1490
Kiai Hadziq bersama isteri tercintanya

JEPARA, Suaranahdliyin.com: Innaa lillahi wa innaa Ilaihi rajiun. Selasa (12/1/2021) malam ini, Kota Ukir kehilangan salah satu kiai yang sangat ikhlas; Kiai Hadziq al Hafidz.

Kiai kampung asal Sowan Kidul, Kedung, Jepara yang sangat dihormati ini, adalah sosok yang sangat ikhlas mengajar anak-anak mengaji, khususnya belajar al Quran.

“Mbah Yai Hadziq ini adalah santri Simbah Kiai Hisyam Kudus. Di kampungnya, beliau adalah guru ngaji al Quran anak-anak kecil yang sangat ikhlas,” terang H. Hisyam Zamroni, wakil ketua PCNU Jepara kepada Suaranahdliyin.com.

H. Hisyam Zamroni menyampaikan, bahwa Kiai Hadziq sangat telaten dalam mendidik para santrinya yang mengaji di langgar (musala).

“Saya pribadi pernah diingatkan agar bersungguh – sungguh saat mengaji. Makharijul huruf dan tajwidnya harus benar – benar diperhatikan,” ungkapnya. “Kiai Hadziq maha guru al Quran di kampung kami,” lanjutnya mengenang.

Di luar itu, Kiai Hadziq yang merupakan salah satu Syuriyah NU Ranting Sowan Kidul adalah pribadi yang sangat sederhana. Ke mana-mana menghadiri acara di kampung selalu naik sepeda onthel.

Sugeng tindak, Kiai. InsyaAllah husnul khatimah. Amin. (ros, mail, gie, luh/ adb, rid)

Comments