Jam’iyah Ruqyah Aswaja akan Gelar Munas I di Mojokerto

0
227

MOJOKERTO, Suaranahdliyin.com – Pengurus Pusat Jam’iyah Ruqyah Aswaja (JRA) akan mengadakan Musyawarah Nasional (Munas) I di Kampus Institut KH Abdul Chalim lingkungan PP Amanatul Ummah, Pacet, Mojokerto, Jawa Timur, Kamis – Ahad, (23-25/2022.).

Ketua Panitia Ledi Nursiyanto menjelaskan Munas I JRA 2022 mengangkat tema ‘Ruqyah dan Peradaban’ . Munas akan dihadiri sekitar 3.000 peserta dan peruqyah JRA dari seluruh nusantara.

“Kehadiran 3.000 Peruqyah Aswaja terdiri atas 1.000 peserta dan panitia serta 2.000 praktisi JRA yang akan turut hadir. Hal itu tak lepas dari upaya panitia untuk menyemarakkan Munas perdana ini.”ujarnya sebagaimana rilis yang diterima Suaranahdliyin.com, Ahad (18/9/2022).

Pria yang akrab disapa Gus Nur ini mengatakan JRA memiliki 18 Pengurus Wilayah dan 208 Pengurus Cabang senusantara. “Dari pengurus tersebut akan diwakili oleh 3 orang yang diberi mandat dan memiliki hak suara.”terangnya.

Saat pembukaan, panitia akan menampilkan tarian Reog Ponorogo sebagai bentuk komitmen pelestarian seni budaya Indonesia, terutama yang berasal dari daerah itu.

“Usai pembukaan akan dilanjutkan dengan seminar nasional dengan tema ‘Ruqyah dan Peradaban’ yang menghadirkan KH. Said Aqil Siradj.”sambung Gus Nur

“Tak hanya seminar, malam harinya ada JRA Bersholawat bersama Habib Anis Syahab dalam rangkaian pembukaan Munas.”lanjutnya.

Pada hari kedua, Munas dilanjutkan sidang komisi dan sidang pleno termasuk mendengarkan dan mengesahkan laporan pertanggungjawaban (LPJ) Kepengurusan PP JRA Periode 2017-2022. Malam harinya akan digelar gambus bersama habib alwi bin Musthofa alhabsy dan hari terakhir akan diagendakan pemilihan ketua umum dan penutupan acara.

“Masyarakat dipersilahkan menghadiri gelaran akbar ini. Untuk umum ada berbagai hiburan dan bazar murah.”katanya.

Ssmentara, Ketua Panitia Lokal Munas 1 JRA, Zainal Arifin mengatakan bahwa persiapan sudah hampir rampung. “Secara teknis, panitia lokal siap menyambut ribuan peserta dan Peruqyah JRA dari seluruh daerah,” katanya. (adb/ros)

Comments