IPHI/JHK Kudus Salurkan Bantuan Produktif Kepada Warga

0
420
iPHI/JHK secara simbolis menyerahkan zakat produktif berupa 20 gerobak kepada warga

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) – Jamiyyah Hujjaj Kudus (JHK) menyerahkan bantuan berupa zakat konsumtif dan zakat produktif kepada para mustahik.

Penyerahan bantuan bersama Badan Amil Zakat (BAZNAS) Kudus ini diserahkan secara langsung bersamaan dengan peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw di Gedung JHK Kudus, Selasa (15/02/2022).

Sebanyak 238 sembako diserahkan kepada mustahik yang dibagi menjadi 9 kecamatan di Kabapaten Kudus. Dari sekian banyak sembako yang diserahkan, sebanyak 200 sembako diserahkan di tempat dan 38 diantar ke rumah mustahik. Selain itu bantuan produkti berupa 20 gerobak, dana 10 juta untuk renovasi rumah terdampak bencana, dan bantuan pengobatan.

Ketua IPHI/ JHK, KH. Ma’ruf Shiddiq Lc dalam sambutannya menyampaikan, tidak semua bantuan diserahkan dalam bentuk uang, melainkan ada bantuan produktif yang bisa dimanfaatkan untuk lebih memberdayakan umat.

“Tentu saja ini menjadi sesuatu yang berguna untuk orang lain, termasuk amaliyah dalam membangun umat,” kata KH. Ma’ruf.

Ia juga mengatakan bahwa penyaluran bantuan ini tidak lepas dari peran Bupati Kudus yang menugaskan seluruh pegawai ASN untuk menyalurkan zakat melalui BAZNAS.

“Mudah-mudahan, baznas lebih meningkatkan dan memberdayakan kesejahteraan umat ini adalah suatu prestasi yang bisa membangkitkan semangat masyarakat di Kudus,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Kudus HM Hartopo mengapresiasi peran BAZNAS dan IPHI/JHK yang telah bekerja keras dan bersinergi dalam menyalurkan bantuan zakat.

“Atas nama Pemkab Kudus, saya sangat berterima kasih atas bantuannya dalam rangka mensejarhterakan warga Kudus,” katanya.

Hartopo berpesan bantuan yang disalurkan harus betul-betul dipelihara sehingga dapat dimanfaatkan dalam waktu jangka panjang.

“Ini harus dirawat dan dipelihara dengan baik, jangan sampai rusak atau malah tidak dipakai,” pesannya.(Hasyim/rid)

Comments