Haul Sunan Muria, Habib Umar Ingatkan Jamaah untuk Makmurkan Masjid

0
780
Habib Umar menyampaikan mauidhah hasanah acara Haul Sunan Muria semalam

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Wakil Mudir Aam Jam’iyyah Ahlith Thariqah Mu’tabarah An-Nahdliyah (JATMAN) Habib Umar Al-Mutohhar mengingatkan agar jamaah mau memakmurkan masjidnya masing-masing. Demikian itu dikatakannya dalam Haul ke 395 Sunan Muria Raden Umar Said di Masjid Sunan Muria, Sabtu (14/09/19).

“Jangan hanya mengeluh bila masjid-masjid banyak direbut kelompok yang aneh-aneh, tapi makmurkan masjidmu agar mereka tidak bisa masuk,” pesan Habib Umar.

Sebelumnya, Habib Umar menyampaikan jika ajaran Islam ala Ahlussunnah wal Jamaah an-Nahdliyah harus terus dilestarikan. Masyarakat harus didekatkan kepada amaliah sebagaimana yang telah diajarkan oleh para ulama salaf dan waliyullah seperti ziarah kubur, haul, dan lain sebagainya.

“Tradisi ziarah harus dijaga agar turun keberkahannya. Jangan mudah mengatakan bid’ah atau sesat. Berapa makam yang sudah diledakkan oleh kelompok seperti itu di timur tengah. Maka, jangan sampai yang seperti itu juga terjadi di Indonesia,” kata Habib Umar.

Terkait dengan keberkahan para wali, Habib Umar juga menjelaskan jika para auliya’ mengamini doa orang-orang yang berziarah kepadanya. Para auliya’ juga melihat dan tahu niatan ziarah seseorang meski dari kejauhan.

“Untuk itu, ketika ziarah pakai lah pakaian yang sopan. Sebab itu menyangkut etika kita kepada yang kita ziarahi, nggeh?” jelasnya kepada para jamaah yang hadir.

Pada kesempatan itu, Habib Umar mengisahkan teladan Sayyidah Aisyah RA yang memakai pakaian tertutup sewaktu masuk ke makam Rasulullah SAW pasca meninggalnya Sayyidina Umar ibn Khattab RA. Padahal, sewaktu tempat tersebut hanya ada makam Rasul dan Sayyidina Abu Bakar, Sayyidah Aisyah memakai pakaian yang biasa seperti di rumah sendiri.

“Waktu ditanya orang Siti Aisyah menjawab, ketika di situ hanya dimakamkan Rasulullah dan Sayyid Abu Bakar aku biasa karena keduanya keluargaku. Tapi begitu ada Khalifah Umar di makamkan juga di situ maka aku harus tertutup karena Umar bukan mahramku,” kata Habib Umar mengisahkan.

Menurut Habib Umar demikian itu adalah contoh bagi kita semua agar memakai pakaian yang sopan ketika berziarah ke makam para wali. Dengan guyonan khas Habib Umar selalu bisa menarik perhatian jamaah. Sebelum Habib Umar, tampil pula Habib Ahmad Al-Aydrus untuk memberi tausyiah kepada segenap hadirin.(rid/ros)

Comments