Habib Umar Muthohar: Ikhtiar Cegah Korona Pakai 6 M

0
291
Habib Umar Muthohar

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Ikhtiar pencegahan covid-19 yang terkenal hanya 5 M, padahal seharusnya yang dipakai yakni 6 M. Memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, menghindari mobilitas dan yang terakhir adalah mendekatkan diri kepada Allah.

Habib Umar Muthohar mengutarakan hal itu dalam Pengajian Salin Luwur dan Haul Kanjeng Sunan Muria, Selasa (23/8/2021) malam. “Yang paling penting kita harus menggunakan M yang ke enam karena tidak ada yang bisa mengangkat kondisi ini kecuali Allah,” jelasnya.

Habib Umar mengemukakan, ketika Allah diundang untuk terlibat dalam urusan manusia, maka kesulitan apapun akan lebih ringan. Pelibatan Allah dalam setiap kegiatan manusia juga telah diajarkan Nabi Muhammad dengan sabdanya, bahwa setiap hal harus dimulai dan diakhiri dengan berdoa.

“Setiap mau tidur, masuk kamar mandi, mau makan, mau berkendara, mau becermin atau mau minum harus berdoa, bukan malah bangun tidur langsung cari hp,” tegasnya dengan nada canda.
Memang pas dilalah (kebetulan), di masa-masa pandemi seperti ini masih ada orang yang sengaja membuat masyarakat semakin bingung, cilik ati. Menurunya, kabar-kabar yang membuat resah masyarakat ini jangan disebarkan.

Ditambahkannya, salah satu cara ikhtiar mendekatkan diri kepada Allah yakni melalui peningkatan keimanan. Lebih lagi, pandemi sudah berjalan satu tahun lebih, sehingga perlu untuk meningkatkan keimanan dengan ziarah para wali dan istighosah. “Ziarah bisa menjadi benteng kuatnya keimanan kita. Mantap imun dan juga iman,” paparnya.

Selain meningkatkan iman, lanjutnya, ikhtiar lain yakni dengan membiasakan membaca al-Quran, minimal satu hari satu juz bacaan agar bisa menambah keberkahan. Seperti yang didawuhkan Nabi Muhammad, kebaikan dan keberkahan itu bisa bertambah melalui bacaan al-Quran.
“Malaikat melihat rumah seperti bintang yang di dalamnya terdapat ahli Alquran, yang senantiasa melanggengkan membaca al-Quran,” jelas Habib Umar. (umi/ rid, adb, mail)

Comments