Gus Yusuf Chudlori: Kunci Sukses Ada Pada Barokahnya Guru

0
322
Gus Yusuf Chudlori

MAGELANG, Suaranahdliyin.com – KH. Yusuf Chudlori membagikan kunci suksesnya sehingga bisa mempunyai Pondok Pesantren di Tegalrejo Magelang, Ahad (06/02/2022). Menurutnya kesuksesan Gus Chudlori berasal dari barokah ayahnya, KH. Chudlori.

Dalam kesempatan itu, Gus Yusuf menceritakan kisah ayahnya ketika sedang menimba ilmu di pesantren Mbah Maksum Lasem. Diceritakan, setiap malam ayahnya yang menyediakan air untuk mandi Mbah Maksum selama hampir dua tahun.

“Jadi ponpes Tegalrejo ini banyak santrinya bukan karena saya, tapi barokahnya bapak yang khidmah kepada gurunya,” cerita Gus Yusuf.

Gus Yusuf juga menambahkan bahwa lulusan pondok pesantren tidak bisa ditebak hasilnya, sehingga para santri tidak boleh hanya mengandalkan kepintaran ilmunya.

“Tidak cukup hanya mengandalkan ilmunya karena kuncinya barokah itu terletak pada ridho seorang guru,” katanya.

Dalam tausiyahnya Gus Yusuf berpesan, hal yang paling penting di zaman sekarang adalah memperoleh ridho masayikh atau guru, supaya ilmu yang didapat benar-benar bermanfaat dan barokah di dunia dan akhirat.

“Jangan sampai sedikit-sedikit mengakui, supaya barokah dari guru-guru kita tidak pernah putus. Beruntung putra-putri jenengan berada di pondok pesantren, insyaallah diakui sebagai santri para masayikh kita,” ungkapnya.(Hasyim/rid)

Comments